Mujiati (2013) Pengembangan modul bercirikan work-based learning untuk meningkatkan prestasi siswa SMK pada materi matematika keuangan / Mujiati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pengembangan modul pembelajaran Work-based Learning Matematika Keuangan. Pendidikan Sistem Ganda (PSG) adalah merupakan suatu bentuk penyelenggaraan Pendidikan Profesional yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan disekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja yang terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesioanal tertentu. Pada Sekolah menengah Kejuruan (SMK) pendidikan sistem ganda adalah merupakan program pembelajaran yang wajib diikuti oleh seluruh siswa. Adapun pelaksanaan programnya bisa dilakukan dengan 3 cara antara lain 1). Hours Release 2). Days Release 3). Blocks Release. Implementasi Pendidikan Sistem Ganda di SMK Negeri 2 Blitar adalah dengan adanya program praktek kerja industri yang harus diikuti oleh siswa kelas XI selama 6 bulan yang terbagi menjadi 2 tahap (tiap tahap selama 3 bulan) untuk menambah kompetensi/ketrampilan siswa dan sebagai penerapan mata pelajaran produktif di dunia kerja. Dikarenakan konsep sistem ganda adalah merupakan proses pendidikan yang melaksanakan pembelajaran di dua tempat maka selama melaksanaan program Prakerin diharapkan proses pembelajaran tetap bisa disampaikan kepada siswa baik mata pelajaran Normatif maupun Adaptif. Agar proses pembelajaran tetap berjalan dan selama melaksanakan prakerin siswa tetap menerima pelajaran khususnya matematika sehingga prestasi/kompetensi siswa bisa lebih kompeten/meningkat maka penulis mengembangkan program pembelajaran untuk siswa yang sedang melaksanakan prakerin yaitu dengan membuat modul. Work-Based Learning adalah merupakan ciri model pembelajaran yang sangat relevan untuk digunakan kepada siswa SMK yang sedang melaksanakan Prakerin. Hal ini disebabkan karena pada saat siswa sedang prakerin diharapkan mata pelajaran matematika yang merupakan bagian mata pelajaran Adaptif tetap bisa disampaikan (Belajar sambil Bekerja). Analisis yang telah dilakukan oleh penulis agar siswa yang sedang melaksanakan prakerin di SMK Negeri 2 Blitar tetap menerima pelajaran antara lain adalah 1) Keberadaan siswa pada program keahlian tertentu 2) Tempat prakerin dan bidang pekerjaan yang akan dipelajari siswa 3) menganalisis kurikulum dan silabus 4) menentukan materi yang relevan dengan bidang pekerjaan 5) merancang bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul yang bercirikan Work-Based Learning untuk meningkatkan prestasi siswa yang sedang melaksanalan prakerin. Model pengembangan yang digunakan dalam pembuatan modul pembelajaran ini adalah dengan model ADDIE. Pemilihan model ini didasarkan atas pertimbangan bahwa model ini dikembangkan secara sistematis berdasarkan landasan teoritis desain pembelajaran. Model ini di susun secara terprogram dengan urutan-urutan kegiatan yang sistematis dalam upaya memecahkan masalah pembelajaran khususnya masalah ketersediaan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa yang sedang melaksanakan prakerin di dunia kerja. Untuk mendukung pengembangan modul ini maka dikembangkan pula instrument-instrumen yang terdiri dari (1) Lembar validasi modul yang dilengkapi dengan silabus dan RPP untuk mengetahui kevalidan modul (2) Lembar validasi keterlaksanaan modul untuk melihat kepraktisan modul (3) Angket respon peserta didik sebagai subyek uji coba lapangan selanjutnya sebelum diuji cobakan dilakukan validasi terlebih dahulu yakni (1) review oleh ahli isi (materi modul) (2) review oleh ahli rancangan pembelajaran (3) review oleh guru mata pelajaran dan (4) uji coba lapangan yaitu siswa kelas XI AK-4 yang sedang melaksanakan prakerin di dunia kerja. Data hasil evaluasi tersebut berupa saran tanggapan dan penilaian dari subyek uji coba digunakan sebagai masukan untuk merevisi dan menyempurnakan modul pembelajaran. Modul yang dikembangkan harus memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Berdasarkan analisis data dari validator terhadap produk pengembangan berupa modul pembelajaran hasil dari uji ahli rancangan pembelajaran terhadap modul pembelajaran terdapat 90%. semua persentase tersebut berada pada kualifikasi valid namun perlu ada direvisi kecil. Berdasarkan presentase nilai dari uji ahli isi mata pelajaran modul pembelajaran ini terdapat 93.3% berada pada kualifikasi efektif dan perlu adanya revisi kecil. Dari hasil uji coba perorangan di lapangan yang menggunakan angket terdapat 84 27% dengan diperoleh prosentase tersebut modul tersebut pada kualifikasi praktis. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modul dapat meningkatkan kompetensi/prestasi siswa dalam mempelajari bunga tunggal. Berdasarkan hasil dari serangkaian uji coba yang dilakukan dapat diketahui kelebihan dan keterbatasan dari pengembangan modul pembelajaran (1) Pengembangan modul pembelajaran matematika ini dirancang/didesain berdasarkan karakteristik dan kebutuhan siswa yang sedang melaksanakan praktek kerja industri (2) Pengembangan ini hanya pada lingkup SMK Negeri 2 blitar yang dikembangkan berdasarkan karakteristik dan kebutuhan belajar siswa yang sedang melaksanakan praktek kerja industri sehingga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran Matematika kususnya pada materi bunga tunggal yang ada relevansinya dengan bidang pekerjaan (3) Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini hanya sesuai untuk penelitian ini saja.(4) sebaiknya dikembangkan lebih lanjut pada materi-materi lain dan Bila perlu guru-guru yang mengajar di SMK Negeri 2 Blitar dapat mengembangkan modul untuk semua materi pelajaran baik normatif maupun Produktif terutama yang mengajar siswa di kelas XI yang sedang melaksanakan prakerin di dunia kerja sehingga dalam penyampaian pelajaran tidak terputus karena siswa ada di dunia kerja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110313 |
Actions (login required)
View Item |