Nafiah, Umdatun (2013) Pengembangan bahan ajar matematika pokok bahasan fungsi kuadrat bercirikan problem based learning untuk siswa kelas X SMA RSBI / Umdatun Nafiah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan Workbook Problem Based Learning Fungsi Kuadrat Penelitian pengembangan ini didasarkan pada kenyataan bahwa bahan ajar fungsi kuadrat yang digunakan di SMAN 3 Madiun memberikan materi yang sudah jadi tanpa adanya aktivitas membangun konsep yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan juga jauh dari menyediakan aktivitas- aktivitas pemecahan masalah seperti yang diharapkan oleh kurikulum matematika SMA/MA. Oleh karena itu perlu dikembangkan bahan ajar yang melibatkan siswa dalam membangun pemahaman konsep dan membiasakan siswa dalam aktivitas-aktivitas pemecahan masalah pada materi fungsi kuadrat. Bahan ajar yang dikembangkan berupa workbook yang bercirikan problem based learning dan berbahasa Inggris karena RSBI menerapkan pembelajaran bilingual. Penelitian pengembangan dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah pengembangan ADDIE. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa workbook memperoleh skor kevalidan 2 39 dari ahli materi dan praktisi sedangkan dari ahli bahasa diperoleh skor 2 83 yang berarti bahwa workbook tersebut valid. Pada pengamatan aktivitas guru dan siswa diperoleh skor berturut-turut 2 31 dan 2 60. Tanggapan guru menunjukkan bahwa workbook dapat diterapkan dan mudah digunakan oleh guru dan siswa. Hal ini berarti workbook telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil dari angket respon siswa menunjukkan skor 1 95 yang berarti siswa memberikan repon positif. Nilai akhir siswa setelah pembelajaran fungsi kuadrat yang menggunakan workbook yang telah dikembangkan menunjukkan 81 48 % siswa tuntas dengan KKM 75. Sedangkan wawancara menunjukkan bahwa MNK merupakan siswa dengan kemampuan tinggi YP merupakan siswa dengan kemampuan sedang dan AH merupakan siswa dengan kemampuan rendah. Hal ini berarti bahwa hasil wawancara sesuai dengan hasil nilai akhir siswa setelah pembelajaran. Berdasarkan hasil angket respon siswa nilai akhir setelah pembelajaran dan wawancara dapat disimpulkan bahwa workbook telah memenuhi kriteria efektif. Dengan demikian workbook yang telah dikembangkan dapat dianggap sebagai bahan ajar yang valid praktis dan efektif. Untuk mendukung workbook hendaknya juga dikembangkan workbook edisi guru sehingga guru mempunyai gambaran terhadap solusi-solusi dari masalah dan tugas yang diberikan. Workbook juga memerlukan perbaikan-perbaikan ataupun dikembangkan ulang demi sempurnanya workbook.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110310 |
Actions (login required)
View Item |