Yuniarti, Ratna Puspaning (2013) Pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar materi pemfaktoran bentuk aljabar siswa kelas VIII B SMPN 1 Kesamben Blitar / Ratna Puspaning Yuniarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran kooperatif tipe TGT hasil belajar. Observasi awal yang dilakukan menunjukkan adanya permasalahan pembelajaran matematika di SMP N 1 Kesamben Blitar antara lain masih adanya kecenderungan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) dan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan kondisi tersebut perlu adanya peningkatan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar materi pemfaktoran siswa kelas VIII B SMPN 1 Kesamben Blitar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan di kelas VIII B tahun Pelajaran 2012/2013 SMP N 1 Kesamben dengan jumlah siswa 23 orang. Pelaksanaan tindakan terbagi menjadi dua siklus. Tes esai terstruktur digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan meningkatnya ketuntasan klasikal 21 8% dan peningkatan rata-rata kelas sebesar 6 12. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT yang digunakan peneliti dengan melakukan modifikasi dari teori Slavin dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tahapan yang digunakan oleh peneliti adalah tahap penyajian kelas tahap belajar tim tahap permainan tahap turnamen dan tahap penghargaan. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian adalah (1) mengelola waktu dengan cermat agar pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan terutama pada tahap penyajian kelas dan turnamen. (2) memberikan pemahaman kepada siswa tentang aturan permainan dalam turnamen agar setiap pemain dapat melaksanakan tugas sesuai perannya dan sesuai waktu yang direncanakan. (3) membuat alat ukur untuk mengetahui hasil belajar siswa pada masing-masing materi dengan tingkat kesulitan/kompleksitas yang relatif sama. (4) menyiapkan perangkat dan sarana sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan lebih matang. (5) memberikan perangkat kegiatan kepada siswa dengan mempertimbangkan jenis kegiatan dan jumlah siswa agar keterlibatan siswa dalam kelompok merata.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |