Purwanto, Endro (2013) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran problem creating materi perbandingan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tulungagung / Endro Purwanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pemecahan Masalah Pembelajaran Problem Creating Perbandingan. Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Negeri 3 Tulungagung diperoleh informasi bahwa selama ini belum ada upaya khusus untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran problem creating pada siswa. Sedangkan berdasarkan wawancara dengan beberapa guru matematika diperoleh bahwa materi perbandingan merupakan salah satu materi yang masih sulit dipahami siswa. Dengan demikian peneliti mencoba untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran problem creating pada materi perbandingan yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah (problem solving) pada siswa. Pembelajaran problem creating dilakukan dalam lima tahap yaitu (a) menentukan tujuan pembelajaran matematika (b) menentukan masalah (c) menciptakan masalah (d) mengantisipasi jawaban siswa (e) menerapkan dan merefleksi masalah. Melalui tahap-tahap tersebut pembelajaran problem creating berpotensi untuk dapat meningkatkan pemecahan masalah (problem solving) dan dapat memecahkan masalah perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai pengajar dan guru matematika serta teman sejawat sebagai pengamat. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII-9 yang berjumlah 29 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui (1) pelaksanaan pembelajaran (2) observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung (3) observasi terhadap kegiatan guru selama melaksanakan pembelajaran problem creating (4) analisis terhadap hasil kerja siswa berdasarkan jawaban pada LKS (5) tes hasil belajar. Dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa melalui langkah-langkah pembelajaran problem creating siswa dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi perbandingan yang pada tahap awal guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada tahap selanjutnya guru menentukan konteks masalah dengan mengaitkan antara materi yang akan dipelajari dengan materi prasyarat selanjutnya guru menciptakan masalah yang mengarahkan siswa sehingga mampu memecahkan masalah pada tahap antisipasi jawaban siswa guru merancang masalah yang tingkat kesulitannya semakin meningkat pada tahap akhir dari langkah pembelajaran problem creating guru merefleksikan masalah yang telah diciptakan kemudian mengimplementasikan pada soal selanjutnya. Dalam pembelajaran problem creating agar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah (problem solving) pada siswa peneliti menyarankan kepada para guru untuk mengalokasikan waktu secara cermat dalam merancang perangkat pembelajaran dan mengelola pembelajaran mengatur mengawasi dan memberi bimbingan kepada siswa agar dalam kerja kelompok dapat berjalan dengan optimal. Langkah-langkah pembelajaran problem creating harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur tahapannya agar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa oleh karena itu pembelajaran problem creating dapat dijadikan pertimbangan guru dalam menerapkan materi selain perbandingan pada pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110302 |
Actions (login required)
View Item |