Strategi arias untuk meningkatkan pemahaman materi integral pada siswa talenta kelas XII SMA Negeri 2 Blitar / Endah Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi arias untuk meningkatkan pemahaman materi integral pada siswa talenta kelas XII SMA Negeri 2 Blitar / Endah Purwati

Purwati, Endah (2013) Strategi arias untuk meningkatkan pemahaman materi integral pada siswa talenta kelas XII SMA Negeri 2 Blitar / Endah Purwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci ARIAS Meningkatkan Pemahaman Materi Integral. Pemahaman materi merupakan tujuan dalam suatu proses pembelajaran termasuk pembelajaran pada materi Integral. Kenyataan bahwa siswa sulit memahami materi tersebut. Penyebab kesulitannya antara lain rasa percaya diri siswa rendah tidak yakin bisa mamahami materi Integral saat pembelajaran minat belajarnya rendah dan juga kurang memahami materi prasyarat yang diperlukan dalam memahami Integral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan strategi pembelajaran ARIAS yang dapat meningkatkan pemahaman materi integral pada siswa Talenta kelas XII SMA Negeri 2 Blitar. Penelitian yang dilaksanakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Data penelitian yang digunakan adalah hasil tes siswa hasil observasi tindakan siswa maupun tindakan guru serta hasil wawancara dengan siswa. Tes dilaksanakan tertulis kemudian hasilnya diolah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Observasi dilaksanakan di dalam kelas saat pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pedoman observasi. Wawancara dilaksanakan setelah tes akhir siklus untuk mempertegas pemahaman materi siswa. Trianggulasi sumber data dan teknik digunakan untuk mengecek keabsahan data. Dari hasil penelitian didapatkan adanya peningkatan pemahaman materi integral dan juga didapatkan diskripsi penerapan strategi pembelajaran ARIAS adalah pembelajaran yang memuat lima komponen sebagai berikut (1) komponen Assurance langkah pembelajarannya adalah menumbuhkan rasa percaya diri siswa yaitu dengan pemutaran film motivasi atau ungkapan dari guru sendiri membahas tugas yang sulit dengan cara presentasi (2) komponen Relevance langkah pembelajarannya adalah menyampaikan tujuan pembelajaran membahas materi prasyarat (3) komponen Interest langkah pembelajarannya memberikan permasalahan yang dapat mengarahkan siswa untuk dapat memahami materi Integral maupun soal-soal Integral yang sudah diurutkan mulai yang mudah terlebih dahulu memberi kesempatan untuk berfipir dan berdiskusi dengan temannya guru mendekati siswa untuk memberikan bimbingan dengan bahasa yang menyenangkan memberi kesempatan kepada siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya (4) komponen Assessment langkah pembelajarannya adalah melakukan evaluasi dan hasilnya segera diumumkan (5) komponen Satisfaction langkah pembelajarannya adalah memberikan hadiah (berupa ucapan selamat presentasi ke depan maupun upplose) pada siswa atau kelompok yang berhasil menyelesaikan masalah dan guru bersama siswa menyimpulkan apa yang sedang dibahas. Temuan lain yang diperoleh adalah adanya peningkatan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110301

Actions (login required)

View Item View Item