Budhiarti (2013) Model pembelajaran ARIAS unbtuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas XI SMKN 2 Kediri / Budhiarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Motivasi Hasil Belajar Model Pembelajaran ARIAS Matematika keuangan merupakan salah satu materi matematika yang diajarkan pada siswa SMK khususnya siswa SMK program keahlian pada kelompok Bisnis dan Manajemen ( Bismen). Materi tersebut merupakan materi yang sangat penting untuk menunjang materi produktif pada program keahlian kelompok Bismen. Akan tetapi siswa lebih tertarik pada kompetensi program keahliannya daripada materi Matematika. Dalam pembelajaran matematika model pembelajaran ARIAS merupakan model pembelajaran yang dilakukan untuk menanamkan rasa percaya diri pada siswa mengadakan kegiatan yang relevan membangkitkan rasa tertarik pada pelajaran melakukan evaluasi dan menumbuhkan rasa dihargai/bangga pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah Model Pembelajaran ARIAS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas XI SMKN 2 Kediri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) atau PTK. Dalam Penelitian ini peneliti bertindak sebagai penyusun instrumen perancang tindakan dan pelaksana tindakan. Peneliti juga berperan sebagai penganalisis dan penafsir data serta pembuat laporan penelitian.Teknik analisis data yang digunakan melalui tiga tahap yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan. Dari hasil penelitian pada Siklus I persentase aktivitas guru berada pada kategori baik yaitu 80 83% aktivitas motivasi belajar siswa berada pada kategori cukup yaitu 55 17% dan persentase angket motivasi belajar siswa menunjukkan respon positif sebesar 66 67% dan dalam kriteria baik serta tes hasil belajar siswa yang memperoleh nilai 8805 76 sebesar 68 57%. Dari hasil pada Siklus I belum mencapai kriteria keberhasilan pada aktivasi motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar sehingga Siklus I perlu perbaikan yang dilanjutkan pada Siklus II. Pada Siklus II persentase aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu 94 58% aktivitas motivasi belajar siswa berada pada kategori sangat baik yaitu 83 33% dan persentase angket motivasi belajar siswa menunjukkan respon positif sebesar 83 33% dan dalam kriteria sangat baik serta tes hasil belajar siswa yang memperoleh nilai 8805 76 sebesar 86 11% . Dengan demikian pada Siklus II sudah mencapai kriteria keberhasilan dan tidak perlu diperbaiki. Jadi aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 13 35% aktivitas motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 28 16% dan respon positif terhadap angket belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16 26% serta hasil tes belajar mengalami peningkatan sebesar 17 54%. Saran yang dapat dikemukakan untuk pembelajaran berikutnya antara lain (a) penerapan model pembelajaran ARIAS dalam penelitian ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika oleh karena itu model pembelajaran ARIAS ini dapat dipertimbangkan untuk dijadikan alternatif dalam pembelajaran (b) dalam penerapan model pembelajaran ARIAS guru hendaknya mampu menentukan materi yang sesuai dan harus terampil dalam mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari siswa agar diperoleh hasil yang maksimal (c) dalam menerapkan model pembelajaran ARIAS guru hendaknya lebih banyak memberikan motivasi kepada siswa agar lebih aktif dalam diskusi sehingga siswa nantinya mampu mengungkapkan pengetahuan yang dimilikinya kepada orang lain dan memecahkan masalah yang dihadapinya (d) dalam proses belajar matematika seorang guru hendaknya menerapkan berbagai macam model pembelajaran. Selain untuk melatih kemampuan guru penerapan berbagai model pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang benar-benar menarik bagi siswa (e) perlu adanya penelitian lebih lanjut karena penelitian tindakan kelas ini hanya dilakukan di kelas XI PMS 1 SMKN 2 Kediri Tahun Pelajaran 2012 / 2013 hendaknya dapat mengembangkan pada materi yang lain dengan memperhatikan materi prasyarat pengembangan LKS dengan model pembelajaran ARIAS penggunaan waktu dan tempat duduk siswa .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110298 |
Actions (login required)
View Item |