Pengembangan perangkat pembelajaran realistik materi sistem persamaan linear dua variabel untuk peserta didik kelas VIII SMP Negheri 1 Batu / Ida Misaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran realistik materi sistem persamaan linear dua variabel untuk peserta didik kelas VIII SMP Negheri 1 Batu / Ida Misaroh

Misaroh, Ida (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran realistik materi sistem persamaan linear dua variabel untuk peserta didik kelas VIII SMP Negheri 1 Batu / Ida Misaroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan pembelajaran realistik sistem persamaan linear dua variabel Dalam proses pendidikan kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan paling pokok dan ketercapaian tujuan pendidikan bergantung pada pengalaman belajar yang dialami peserta didik. Guru seringkali menggunakan tanya jawab dan pemberian tugas dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan buku teks (berisi pengetahuan yang disampaikan secara naratif) dan lembar kerja peserta didik ( berisi ringkasan materi beberapa contoh soal dan pembahasan dan latihan soal). Peserta didik kurang dilibatkan dalam kegiatan diskusi. Pemahaman materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII merupakan materi penting untuk dapat memahami materi matematika lainnya. Sebagai perwujudan dari salah satu kompetensi profesional peneliti sebagai seorang guru SMP yaitu untuk mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran realistik yang berupa buku peserta didik (Student s book) yang memberi kesempatan yang cukup bagi peserta didik untuk mendapat pengalaman belajar untuk mengkontruksi materi sistem persamaan linear dua variabel melalui serangkaian tugas/kegiatan dan rencana pelaksanaan pembelajaran (lesson plan) sebagai pedoman bagi guru dalam merealisasikan pembelajaran dengan menggunakan buku peserta didik. Adapun langkah-langkah pembelajaran realistik yang tercermin dalam buku peserta didik dan rencana pelaksanaan pembelajaran meliputi (a) memulai pembelajaran dengan mengajukan masalah riil sesuai dengan pengalaman dan tingkat pengetahuan peserta didik (b) peserta didik mengembangkan model-model simbolik masalah yang diajukan (c) pembelajaran berlangsung interaktif (d) Penekanan utama bukan pada langkah-langkah prosedural tetapi lebih pada pemahaman konsep dan penyelesaian masalah dengan melibatkan masalah yang tidak rutin dan mungkin jawabannya tidak tunggal (e) pembelajaran didesain agar materi pelajaran terkait dengan topik atau bahasan lain sehingga lebih bermakna. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses untuk memperoleh hasil pengembangan berdasarkan model pengembangan Plomp yang meliputi (1) prototyping stage meliputi fase investigasi awal fase desain/perancangan dan fase pengembangan/konstruksi dan 2) assessment stage meliputi fase implementasi/uji produk dan fase analisis evaluasi dan revisi. Uji coba produk menunjukkan persentase skor keterlaksanaan buku peserta didik yang ditunjukkan dari data aktivitas peserta didik adalah 95 25% dengan kriteria sangat baik dan persentase keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran yang ditunjukkan dari data aktivitas guru adalah 96% dengan kriteria sangat baik dan persentase keefektifan mencapai 88% banyak peserta didik memperoleh skor lebih dari atau sama dengan 75. Data tersebut menunjukkan bahwa hasil penelitian pengembangan ini yang berupa buku peserta didik (Student s book) dan rencana pelaksanaan pembelajaran (lesson plan) telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Saran-saran yang disampaikan berkenaan dengan pengembangan dan pemanfaatan perangkat pembelajaran realistik hasil pengembangan ini antara lain adalah (a). Perangkat pembelajaran realistik hasil pengembangan ini yang berupa buku peserta didik (student s book) dan rencana pelaksanaan pembelajaran (lesson plan) hendaknya digunakan bersamaan agar terealisasi pembelajaran realistic yang tidak sekedar mementingkan hasil tetapi juga proses (b) Buku peserta didik ini belum sepenuhnya mengacu pada PMR (Pendidikan Matematika Realistik) terutama pada bagian check understanding maka pemanfaatan buku peserta didik hendaknya dengan mengadakan perbaikan dengan soal dan tugas sesuai PMR.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110295

Actions (login required)

View Item View Item