Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar kalkulus i melalui pembelajaran kuantum bagi mahasiswa Program Studi Matematika STKIP Bima / Moh. Zaky Aminy - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar kalkulus i melalui pembelajaran kuantum bagi mahasiswa Program Studi Matematika STKIP Bima / Moh. Zaky Aminy

Aminy, Moh. Zaky (2013) Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar kalkulus i melalui pembelajaran kuantum bagi mahasiswa Program Studi Matematika STKIP Bima / Moh. Zaky Aminy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Motivasi Hasil Belajar Pembelajaran Kuantum. Kurangnya motivasi belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Bima disebabkan metode pembelajaran yang diterapkan kurang tepat sehingga hasil belajar yang diharapkan tidak tercapai. Dari hasil wawancara peneliti terhadap mahasiswa disimpulkan bahwa mahasiswa kurang semangat dalam mengikuti kegiatan perkuliahan di kelas. Nilai akhir matakuliah kalkulus I tidak sesuai dengan standar kelulusan yang diinginkan yaitu minimal 85% dari jumlah mahasiswa memperoleh skor 65-100. Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kalkulus I peneliti menerapkan pembelajaran kuantum. Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka adalah prinsip dasar pembelajaran kuantum. Untuk menerapkan prinsip dasar pembelajaran kuantum tersebut dalam pelaksanaan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa peneliti mengaitkan materi pembelajaran dengan hal-hal yang sering dialami oleh mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari atau mengaitkannya dengan materi pada matakuliah lain. Dengan demikian mahasiswa akan lebih mudah mengingat dan memahami materi yang sedang dibahas. Pengukuran motivasi belajar mahasiswa dilakukan oleh 2 orang observer dengan menilai aktifitas belajar mahasiswa selama proses pembelajaran. Motivasi belajar mahasiswa dikatakan meningkat apabila hasil penilaian 2 orang observer terhadap aktifitas mahasiswa selama kegiatan pembelajaran minimal termasuk dalam kategori baik dengan rentang persentase skor rata-rata 80% 8804 NR 706 90%. Sedangkan pengukuran hasil belajar mahasiswa yaitu dengan melaksanakan tes akhir. Hasil belajar mahasiswa dikatakan meningkat apabila minimal 85% dari jumlah mahasiswa memperoleh skor hasil tes akhir paling rendah 65. Pelaksanaan pembelajaran kuantum pada siklus I dengan materi nilai mutlak belum memenuhi syarat keberhasilan yang diinginkan. Hal ini terlihat dari aktifitas kegiatan belajar mahasiswa yang dinilai oleh 2 orang observer masing-masing termasuk dalam kategori cukup dengan persentase skor rata-rata dari observer I 47 59% dan dari observer II 52 25%. Sedangkan hasil belajar mahasiswa yang diperoleh dari skor tes akhir menunjukkan hanya 24 mahasiswa yang mencapai skor 65-100 dari 38 mahasiswa. Artinya hanya 63 15% mahasiswa yang memperoleh skor 65-100. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran kuantum siklus II dengan materi koordinat kartesius dinilai berhasil. Hal ini terlihat dari hasil observasi 2 orang observer terhadap aktifitas belajar mahasiswa yaitu obsever I memberikan persentase skor rata-rata 90 00%. Observer II memberikan persentase skor rata-rata 95 00% yang berarti termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar mahasiswa pada siklus II menunjukkan bahwa 34 mahasiswa memperoleh skor 65-100 berarti ada 89 47% mahasiswa yang mencapai tingkat kelulusan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110293

Actions (login required)

View Item View Item