Sulistyaningsih, Ida (2013) Penggunaan bahan manipulatif untuk memahamkan siswa materi barisan dan deret di kelas IX SMP Negeri 1 Madiun / Ida Sulistyaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci penggunaan bahan manipulatif memahamkan siswa materi barisan dan deret Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana tindak pembelajaran dengan memanfaatkan bahan manipulatif untuk membantu siswa dalam memahami materi barisan dan deret di kelas IX SMP Negeri 1 Madiun Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian meliputi empat tahap dalam suatu siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Siklus dikatakan berhasil dan dihentikan apabila (1) setiap siswa mencapai nilai lebih besar atau sama dengan 81 pada tes akhir siklus (2) tidak terdapat kesalahan konsep atau kesalahan prosedur pada tes akhir siklus. Tindakan pembelajaran yang dilakukan sebagai upaya membantu siswa memahami materi barisan dan deret dengan menggunakan bahan manipulatif adalah (a) Dalam kegiatan awal siswa diberi kesempatan secara bebas dalam menyusun ataupun membentuk model-model dari bahan manipulatif (b) Kegiatan inti terdiri dari eksplorasi elaborasi dan konfirmasi. Dalam kegiatan eksplorasi siswa diminta berkreasi dalam menyusun bahan-bahan manipulatif agar membentuk model-model berpola ataupun menyusun barisan dari suatu gambar rangkaian model-model berdasarkan panduan LKS. Melalui kegiatan elaborasi siswa dibimbing melakukan penggeneralisasian pola atau aturan dari suatu barisan menemukan rumus mencari suku ke-n barisan arimetika atau geometri serta menemukan rumus mencari jumlah n suku pertama deret aritmetika atau geometri. Dalam kegiatan konfimasi siswa diminta melaporkan hasil kegiatan serta pemberian soal-soal latihan. (c) Dalam kegiatan akhir guru mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan melakukan refleksi dan evaluasi serta pemberian tugas rumah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I setiap siswa telah mencapai nilai lebih besar atau sama dengan 81 namun masih terdapat dua siswa yang melakukan kesalahan prosedur sehingga peneliti melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II setiap siswa mampu memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 81 serta tidak ditemukan lagi siswa yang melakukan kesalahan konsep atau kesalahan prosedur sehingga siklus dihentikan. Peneliti menyarankan dalam menyediakan bahan-bahan manipulatif ataupun gambar-gambar model berpola sebaiknya dapat dikembangkan lagi agar lebih bervariasi untuk menuntun siswa dalam memahami materi barisan dan deret serta lebih mengembangkan tindakan pembelajaran agar mampu mencapai ekspektasi yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110292 |
Actions (login required)
View Item |