Penggunaan benda manipulatif timbangan untuk memahamkan siswa dalam pembelajaran persamaan linear satu dan dua variabel di kelas VII semester I MTs Al-Muslihuun Tlogo / Elfi Zainiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan benda manipulatif timbangan untuk memahamkan siswa dalam pembelajaran persamaan linear satu dan dua variabel di kelas VII semester I MTs Al-Muslihuun Tlogo / Elfi Zainiyah

Zainiyah, Elfi (2013) Penggunaan benda manipulatif timbangan untuk memahamkan siswa dalam pembelajaran persamaan linear satu dan dua variabel di kelas VII semester I MTs Al-Muslihuun Tlogo / Elfi Zainiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci benda manipulatif memahamkan persamaan linear satu dan dua variabel. Berdasarkan observasi awal di MTs Al-Muslihuun Tlogo didapatkan kasus bahwa beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi persamaan linear satu variabel. Kasus ini diduga disebabkan oleh (1) motivasi belajar matematika siswa rendah dan siswa berperilaku pasif (2) guru mengajar dengan menjelaskan materi kemudian memberikan contoh soal dan latihan dan siswa hanya mendengarkan kemudian mencatat (3) guru belum menggunakan bahan manipulatif dalam pembelajaran dan (4) guru hanya menggunakan buku cetak sebagai sumber belajar. Menghadapi penyebab kesulitan siswa diperlukan bahan manipulatif dalam pembelajaran. Benda konkrit yang digunakan untuk memahamkan siswa berupa timbangan tiruan. Setelah siswa memahami persamaan linear satu variabel mereka mempelajari persamaan linear dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan benda manipulatif timbangan yang dapat memahamkan siswa dalam pembelajaran persamaan linear satu dan dua variabel di kelas VII semester I MTs Al-Muslihuun Tlogo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian model Kemmis dan Taggart dengan menggunakan spiral/siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Hasil siklus I diketahui bahwa siswa belum memahami materi dimana persentase pemahaman sebesar 32 4% dan 26 siswa mempunyai kesalahan konsepual prosedural dan komputasional. Hasil siklus II diketahui bahwa siswa telah memahami materi dengan baik dimana persentase pemahaman sebesar 70 59% dan hanya 10 siswa yang mempunyai kesalahan konseptual prosedural dan komputasional. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA MTs Al-Muslihuun Tlogo sebanyak 34 siswa. Langkah-langkah pembelajaran yang dapat memahamkan siswa terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal terdiri dari mengingatkan materi sebelumnya menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa. Kegiatan inti terdiri dari tahap permainan bebas dan penelaahan sifat bersama tahap representasi dan penyimbolan dan tahap pemformalan. Kegiatan akhir adalah membuat kesimpulan hasil pembelajaran. Saran yang diberikan adalah pembelajaran persamaan linear satu dan dua variabel dengan menggunakan benda manipulatif timbangan membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga sebagai masukan untuk pembelajaran berikutnya sebaiknya guru menambah alokasi waktu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110290

Actions (login required)

View Item View Item