Qamar, Kawakibul (2013) Pemanfaatan Short Message Service (SMS) dalam remedial teaching dengan menggunakan scaffolding pada materi peluang di SMK PGRI 3 Malang / Kawakibul Qamar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci SMS Remedial Teaching Scaffolding Pembelajaran matematika telah memiliki banyak model strategi dan metode. Namun ironisnya hal ini tidak serta merta memastikan hasil belajar semua siswa tinggi karena masih selalu saja ditemukan beberapa siswa yang masih mendapatkan hasil belajar yang rendah. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam belajar seperti pernyataan Cooney (1975) bahwa kesulitan belajar tidak dialami hanya oleh siswa yang berkemampuan di bawah rata-rata atau yang dikenal sungguh memiliki learning difficulties tetapi dapat dialami oleh siswa dengan tingkat kemampuan manapun dari kalangan atau kelompok manapun. Untuk itu perlu dilakukan remedial teaching yang disusun dengan prinsip-prinsip yang dapat menyelesaikan kesulitan siswa. Namun pelaksanan remedial teaching di SMK PGRI 3 Malang terkendala oleh waktu dan tempat. Untuk mengatasi kendala tersebut perlu desain remedial teaching yang memanfaatkan Short Message Service (SMS) dengan metode scaffolding. Kesulitan siswa yang dapat ditangani secara langsung adalah kesulitan siswa yang dipengaruhi oleh faktor intelektual dan pedagogis. Penelitian ini difokuskan kepada kesulitan siswa yang dipengaruhi oleh faktor intelektual. Penggunaan tes diagnostik tipe A dengan pendekatan pengetahuan terstruktur adalah teknik diagnosis yang paling sesuai untuk mengetahui kesulitan siswa pada kompetensi tertentu. Setelah letak kesulitan siswa diketahui selanjutnya membuat desain remedial teaching yang memanfaatkan SMS. SMS merupakan bagian dari Mobile Learning yang dapat dikatakan sebagai anytime anywhere learning (Kukulska-Hulme 2005 59). Strategi yang sesuai dengan SMS adalah scaffolding khususnya verbal scaffolding yang terdiri dari empat bagian yaitu Questioning Prompting Cueing dan Explaining. Hasil analisis hasil ulangan materi peluang dan tes diagnostik diperoleh data bahwa terdapat siswa yang belum menguasai kompetensi dasar 1 yaitu tentang mendeskripsikan kaidah pencacahan permutasi dan kombinasi serta kompetensi dasar 2 yaitu tentang menghitung peluang suatu kejadian. Pada siklus I diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan remedial teaching melebihi waktu yang telah ditentukan yaitu 60 menit serta hanya dapat dibahas satu soal saja. Penyebabnya adalah SMS yang tertunda (pending) dan untuk mengatasinya adalah dengan merevisi durasi remedial teaching. Pada siklus II diperoleh kesimpulan bahwa remedial teaching dapat terlaksana dengan baik dan analisis hasil tes remedial diperoleh bahwa partisipan telah memenuhi KKM. Dari wawancara dengan semua partisipan diperoleh data bahwa ternyata ada respon positif terhadap remedial teaching meskipun hampir semua partisipan masih terkendala SMS yang tertunda. Berdasarkan dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan beberapa hal seperti berikut (1) Desain remedial teaching yang memanfaatkan SMS pada materi peluang di SMK PGRI 3 Malang meliputi langkah-langkah sebagai berikut (a) menentukan letak kesulitan siswa dengan tes diagnostik tipe A (berdasarkan hasil ulangan) (b) melaksanakan remedial teaching di luar jam pelajaran dan berdasarkan kebutuhan siswa biasanya malam hari atau pada hari libur serta menggunakan metode scaffolding khususnya verbal scaffolding yaitu pertanyaan arahan dengan Questioning Prompting Cueing dan Explaining (2) Siswa dapat mengatasi kesulitan belajar dengan baik karena kegiatan remedial teaching ini berdasarkan atas respon masingmasing siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110289 |
Actions (login required)
View Item |