Saadah, Ismi (2013) Pengembangan desain pembelajaran matematika berdasarkan whole brain teaching di kelas VIII SMP Negeri 3 Jember / Saadah Ismi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Desain Pembelajaran Matematika Berdasarkan Whole Brain Teaching Pembelajaran dengan Whole Brain Teaching (WBT) dicirikan oleh kemampuan guru dalam membuat pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga tercipta pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Pembelajaran ini didasarkan kepada prinsip mengenali cara belajar siswa yang terdiri dari tiga bagian yaitu visual verbal dan kinestetik. Desain pembelajaran yang disusun berdasarkan Whole Brain Teaching memungkinkan guru dan siswa untuk mengintegrasikan sistem manajemen kelas yang efektif dengan pendekatan belajar yang memanfaatkan otak secara keseluruhan. Desain ini dapat meningkatkan sistem penyimpanan informasi siswa terhadap konsep-konsep dasar materi pembelajaran sampai dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran matematika berdasarkan Whole Brain Teaching memiliki langkah-langkah 1) seruan sapa class-yes 2) gesture 3) teach-ok 4) mirror 5) switch-ok 6) scoreboard dan 7) comprehension check yang dikembangkan berdasarkan teknik menggunakan Whole Brain Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh desain Pembelajaran Matematika berdasarkan Whole Brain Teaching yang valid praktis dan efektif. Pengembangan ini bersandar pada Model Umum Pemecahan Masalah Pendidikan Plomp sampai dengan fase implementasi secara terbatas. Untuk mengetahui keterlaksanaan kriteria yang ditetapkan maka dilakukan validasi dan uji coba lapangan. Untuk mengembangkan desain dikembangkan perangkat pembelajaran dan instrumen. Perangkat pembelajaran terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan digunakan untuk melaksanakan desain di kelas. Instrumen terdiri dari (1) lembar observasi aktivitas guru (2) lembar observasi aktivitas siswa (3) tes penguasaan bahan ajar (TPBA) dan (4) pedoman wawancara siswa. Prototipe RPP dan LKS yang telah disusun divalidasi oleh tiga validator. Hasil validasi menunjukkan bahwa prototipe RPP dan LKS memenuhi syarat kevalidan. Hasil validasi yang valid juga ditunjukkan pada hasil validasi Lembar Observasi Aktivitas Guru dan Lembar Observasi Aktivitas Siswa. Validasi TPBA dilakukan oleh tiga validator. Hasil validasi menunjukkan bahwa tes yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi tetapi dari segi redaksi masih ada revisi. Subyek uji coba pengembangan Desain Pembelajaran ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2012/2013. Prototipe perangkat pembelajaran yang telah divalidasi diuji melalui uji coba lapangan. Uji coba bertujuan untuk mengukur ketercapaian dua kriteria yaitu (1) kepraktisan dan (2) keefektifan. Pada uji coba ini kepraktisan desain ditunjukkan oleh persentase rata-rata ketercapaian dari hasil observasi aktivitas guru (keterlasanaan desain) yaitu 94.00%. Hasil observasi ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi syarat kepraktisan. Keefektifan desain diukur berdasar pada dua indikator yaitu (a) penguasaan bahan ajar dan (b) persentase rata-rata ketercapaian observasi aktivitas siswa. Penguasaan bahan ajar mencakup dua aspek yaitu (1) nilai WBT dan (2) hasil tes penguasaan bahan ajar (TPBA). Berdasarkan hasil ujicoba yang dilakukan diperoleh data bahwa 93.33% siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan siswa secara klasikal tercapai dengan sangat baik. Disamping diukur melalui penguasaan bahan ajar keefektifan desain ditunjukkan oleh persentase rata-rata observasi aktivitas siswa. Aktivitas siswa mempunyai rata-rata ketercapaian 90.83%. Aktivitas siswa secara keseluruhan memenuhi kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi syarat keefektivan. Berdasar hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan desain pembelajaran matematika berdasarkan Whole Brain Teaching di kelas VIII SMP Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2012/2013 valid praktis dan efektif. Oleh karena itu disarankan kepada para guru matematika untuk menggunakan desain ini dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain dapat mengadakan penelitian lanjutan menggunakan desain yang sama pada materi dan kelas yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110288 |
Actions (login required)
View Item |