Muawwanah, Siti (2013) Pengembangan LKS teorema pythagoras bercirikan RME untuk RSMPBI Pacitan / Siti Muawwanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci LKS RME Teorema Pythagoras. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan sikap positif terhadap matematika perlu diperhatikan cara pengajarannya. Matematika merupakan hal yang menyenangkan mudah dipahami tidak menakutkan dan banyak kegunaannya. Hal ini dapat dirasakan melalui pembelajaran matematika realistik (Realistic Mathematics Education). Bahan ajar khususnya Lembar Kerja Siswa (LKS) yang ada selama ini kebanyakan hanya sebatas kumpulan soal-soal dan sedikit uraian materi di dalamnya. Siswa hanya terpaku pada uraian dalam LKS tanpa menganalisis suatu problem atau masalah. Hal ini kurang meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Berdasar fakta yang terjadi di SMPN 1 Pacitan untuk materi teorema Pythagoras siswa-siswa sudah pernah mendapatkannya di jenjang pendidikan sebelumnya namun kebanyakan siswa belum paham akan konsepnya. Selain itu mereka juga tidak tahu bagaimana cara mendapatkannya. Hal di atas yang mendasari dikembangkannya LKS bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Rintisan Sekolah Menengah Pertama Bertaraf Internasional (RSMPBI) Pacitan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKS Teorema Pythagoras bercirikan RME untuk Rintisan Sekolah Menengah Pertama Bertaraf Internasional Pacitan yang valid praktis dan efektif. LKS ini dikembangkan berdasarkan four-D model sebagai acuan. Model ini disarankan oleh Thiagarajan Semmel Semmel. Model ini mempunyai empat tahap pengembangan yaitu Define Design Develop dan Disseminate. Dalam penelitian ini dilakukan modifikasi yakni penelitian dilakukan hanya sampai tahap Develop. Tahap Disseminate tidak dilakukan karena tahap ini membutuhkan kajian yang lebih mendalam. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan koreksi dan saran dari lembar angket dan lembar validasi. Data kuantitatif berupa skor validasi skor angket dan skor peserta didik dalam mengerjakan tes akhir. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi LKS untuk mengukur tingkat kevalidan LKS soal tes kemampuan siswa dan angket respon siswa untuk mengukur tingkat keefektifan LKS dan angket kepraktisan LKS untuk guru sebagai alat ukur tingkat kepraktisan LKS. LKS Teorema Pythagoras bercirikan RME untuk RSMPBI ini sudah divalidasi oleh tiga validator dengan skor akhir 88 33 dan memenuhi kriteria sangat valid. Setelah dilakukan validasi LKS ini diujicobakan perseorangan untuk uji keterbacaan. Dari uji keterbacaan ini diketahui beberapa kesalahan cetak dan kata-kata yang dirasa sulit oleh siswa. Setelah dilakukan revisi sesuai masukan dari uji keterbacaan akhirnya dilakukan uji coba lapangan. Dari uji coba lapangan ini diperoleh hasil bahwa LKS yang dikembangkan praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket respon guru dengan skor akhir 87 5 dan memenuhi kriteria sangat praktis. Dari hasil tes akhir materi Teorema Pythagoras diperoleh ketuntasan belajar klasikal 85 71% . Dari hasil angket respon siswa diperoleh skor akhir 76 64 dan memenuhi kriteria efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110285 |
Actions (login required)
View Item |