Pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah program lenear siswa X TKR 1 SMKN 1 Doko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah program lenear siswa X TKR 1 SMKN 1 Doko

Damayanti, Fifi (2013) Pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah program lenear siswa X TKR 1 SMKN 1 Doko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran berbantuan multimedia teori beban kognitif program linear Program linear merupakan salah satu materi matematika yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan siswa menyelesaikan masalah program linear masih rendah. Hal ini antara lain disebabkan adanya beban kognitif yang dialami siswa selama pembelajaran. Teori beban kognitif (Cognitive Load Theory atau CLT) mengidentifikasi bahwa belajar terganggu ketika jumlah persyaratan pengolahan melebihi kapasitas dari memori kerja manusia. Beban kognitif terdiri dari beban kognitif intrinsik beban kognitif erat dan beban kognitif asing. Kemampuan siswa menyelesaikan masalah program linear dapat ditingkatkan antara lain dengan pembelajaran efektif yaitu dengan mengelola beban kognitif intrinsik meningkatkan beban kognitif erat dan mengurangi beban kognitif asing. Seiring perkembangan teknologi maka pembelajaran efektif diwujudkan melalui pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif yang dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah program linear siswa X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 1 SMKN 1 Doko Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena dilaksanakan oleh guru sebagai peneliti dengan mengumpulkan informasi tentang bagaimana guru mengajar dan bagaimana siswa belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 SMKN 1 Doko Kabupaten Blitar sebanyak 30 siswa. Subjek wawancara adalah 4 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah yang dipilih berdasarkan hasil tes materi prasyarat dan pertimbangan bahwa siswa-siswa tersebut mudah diajak berkomunikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif yang dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah program linear siswa X TKR 1 SMKN 1 Doko Kabupaten Blitar terbagi dalam tiga tahap pembelajaran yaitu (1) tahap awal meliputi penyampaian tujuan pembelajaran menggunakan media PowerPoint (2) tahap inti meliputi demonstrasi pengetahuan menggunakan media PowerPoint dan Kertas Berpetak latihan terbimbing menggunakan LKS yang dilakukan secara berkelompok dengan bantuan software GeoGebra dan presentasi hasil diskusi kelompok dengan bantuan Kertas Berpetak dan (3) tahap akhir meliputi umpan balik dengan bantuan Kertas Berpetak dan software GeoGebra serta latihan pemantapan dan tranfer pengetahuan menggunakan lembar tes. Respon siswa terhadap pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif sangat positif. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disarankan bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa dapat melakukan pada sekolah lain untuk mendapatkan gambaran lebih lanjut mengenai efektifitas pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif pada materi program linear.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110284

Actions (login required)

View Item View Item