Penggunaan media bangun geometri untuk menanamkan konsep penjumlahan pecahan / Nanik Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media bangun geometri untuk menanamkan konsep penjumlahan pecahan / Nanik Ulfa

Ulfa, Nanik (2013) Penggunaan media bangun geometri untuk menanamkan konsep penjumlahan pecahan / Nanik Ulfa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Bangun Geometri Konsep Penjumlahan Pecahan Berdasarkan hasil observasi awal di SDN 02 Kedungpedaringan Kepanjen pada 5 Oktober 2012 diperoleh kesimpulan bahwa siswa masih belum memahami konsep penjumlahan pecahan selain itu kegiatan pembelajaran selama ini masih berfokus kepada guru. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menanakan penggunaan media bangun geometri untuk menanamkan konsep penjumlahan pecahan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah sistematis penggunaan media bangun geometri dalam menanamkan konsep penjumlahan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai pengajar dan guru matematika serta teman sejawat sebagai pengamat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah sistematis penggunaan media bangun geometri dalam menanamkan konsep penjumlahan pecahan. subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Kedungpedaringan Kepanjen Malang sebanyak 19 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui (1) pelaksanaan pembelajaran (2) observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung (3) tes akhir tindakan. Adapun tindakan dalam penelitian ini adalah memberi situasi pembelajaran yang menyenangkan dan mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga siswa memahami konsep pecahan dengan pengalaman yang telah dialami. Agar siswa mendapat pengalaman belajar secara langsung maka dalam pembelajaran digunakan media bangun geoemetri untuk membantu siswa dalam mengkonkritkan pecahan. bangun geometri yang dipilih adalah bangun geometri datar berupa persegi persegi panjang dan lingkaran. Ada tiga tahapan yang dilakukan dalam pembelajaran ini yaitu 1) tahap awal dimana guru mengecek pengetahuan prasyarat siswa dengan melakukan tanya jawab 2) tahap inti dalam tahap ini siswa mengerjakan LKS 3) tahap penutup guru dan siswa mengambil kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini digunakan media bangun geometri datar yang terangkum dalam Lembar Kerja Siswa. Lembar Kerja siswa disusun sesuai dengan langkah permainan Dienes mengingat usia anak sekolah dasar masih dalam tahap permainan. Langkah-langkah permainan dalam permainan Dienes yaitu (1) Permainan Bebas (2) Permainan tersusun (3) Permainan Kesamaan Sifat (4) Permainan Penyajian (5) Permainan Penyimbulan (6) Permainan Formalisasi. Dalam setiap tahap permainan tersebut siswa melakukan langkah-langkah sesuai dengan perintah dalam LKS. Hasil yang diharapkan adalah siswa tidak hanya menghafal bagaimana cara mengerjakan penjumlahan pecahan namun siswa mendapat pengalaman secara langsung dalam memahami konsep penjumlahan pecahan sehingga konsep tersebut akan tertanam dengan sendirinya dalam ingatan siswa. Dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu rata-rata persentase keterlaksanaan aktivitas siswa diperoleh sebesar 95 8% dan kegiatan guru sebesar 90 4%. Berdasarkan hasil tes akhir tindakan diperoleh bahwa ketuntasan belajar mencapai 89% dari 19 siswa yang mengikuti tes mencapai ketuntasan. Dari penelitian yang sudah dilakukan oleh penulis ada beberapa hal yang dapat ditindaklanjuti ke depannya dari penelitian ini diantaranya 1. Perlu adanya penelitian yang lebih mendalam tentang penanaman konsep penjumlahan pecahan dengan metode lain 2. Pemilihan media yang lebih dikenal dan dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari siswa 3. Penyusunan LKS yang dapat menyajikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari siswa. 4. Jika memungkinkan dalam pembelajaran juga dapat dilakukan diskusi dengan diskusi diharapkan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan bisa bekerjasama dengan kelompok. 5. Kegiatan presentasi juga dapat dilakukan dalam pembelajaran hal ini bertujuan untuk melatih keberanian siswa dalam meyampaikan pendapat atau pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110283

Actions (login required)

View Item View Item