Pengembangan perangkat pembelajaran matematika tipe problem posing untuk meningkatkan penguasaan konsep operasi bentuk aljabar / Muriadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran matematika tipe problem posing untuk meningkatkan penguasaan konsep operasi bentuk aljabar / Muriadi

Muriadi (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika tipe problem posing untuk meningkatkan penguasaan konsep operasi bentuk aljabar / Muriadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muriadi 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Tipe Problem Posing untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Operasi Bentuk Aljabar. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Nengah Parta M.Si (2) Dr. H Makbul Muksar M.Si. Kata Kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Posing Penguasaan Konsep Operasi Bentuk Aljabar. Pembelajaran terpusat pada guru akibatnya siswa cenderung pasif dan penguasaan konsep matematika khususnya materi Operasi Bentuk aljabar masih rendah atau kurang dari KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dikembangkan suatu perangkat pembelajaran matematika tipe Problem Posing yang dapat membuat siswa menjadi aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Sehingga penguasaan konsep matematikanya menjadi meningkat. Tujuan penelitian ini adalah Menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika tipe Problem Posing untuk meningkatkan penguasaan konsep Operasi Bentuk Aljabar yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah model pengembangan Plomp. Model pengembangan ini terdiri dari lima fase yaitu (1) investigasi awal (2) perancangan (3) konstruksi (4) tes evaluasi dan revisi dan (5) implementasi. Produk pengembangan perangkat pembelajaran terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) serta Instrumen. Selanjutnya diuji cobakan melalui beberapa tahap yakni (1) validasi oleh validator ahli pembelajaran dan (2) uji coba lapangan. Data hasil validasi tersebut yang berupa saran tanggapan dan penilaian dari subyek uji coba digunakan sebagai masukan untuk merevisi dan menyempurnakan perangkat pembelajaran. Hasil uji validitas oleh ketiga validator terhadap produk pengembangan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan observasi aktivitas guru dalam pembelajaran Lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran dan tes penguasaan bahan ajar diperoleh rata-rata persentase hasil validasi yaitu 91 41%. Berdasarkan kriteria kevalidan yang telah ditetapkan maka produk pengembangan memenuhi kriteria valid tanpa revisi. Hasil uji observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan observasi aktivitas guru dalam pembelajaran serta keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 93 96%. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka produk pengembangan memenuhi kriteria sangat baik. Sehingga produk pengembangan memenuhi kriteria praktis. Hasil uji coba tentang keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari data nilai siswa melakukan proses Problem Posing dalam pembelajaran dan data nilai siswa dalam menyelesaikan soal tes penguasaan bahan ajar. Hasil uji coba menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata siswa melakukan Problem Posing adalah 92%. Dan hasil uji coba tentang nilai yang diperoleh siswa dalam menyelesaikan tes penguasaan bahan ajar menunjukkan persentase rata-rata 92%. Sehingga nilai akhir yang diperoleh siswa berdasarkan rumus (3NP 2NU)/5 adalah 92. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka perangkat pembelajaran termasuk sangat efektif. Saran untuk pengembangan selanjutnya adalah sebaiknya dikembangkan lebih lanjut dengan materi-materi lain terutama materi yang ada di kelas VIII semester satu dan dua sehingga pengembangan perangkat pembelajaran matematika tipe Problem Posing ini akan lengkap meliputi seluruh materi yang ada di kelas VIII.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110281

Actions (login required)

View Item View Item