Miswanto (2013) Pengembangan buku siswa bercirikan penemuan terbimbing materi eksponen, bentuk akar, dan logaritma kelas X SMA Negeri 1 Kraksaan / Miswanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan buku siswa penemuan terbimbing eksponen bentuk akar dan logaritma Keberadaan buku siswa sebagai sumber belajar merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Selama ini siswa di SMAN 1 Kraksaan menggunakan buku teks sebagai sumber belajar. Buku teks tersebut belum maksimal dalam membantu siswa mengkonstruksi pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Aktivitas dan langkah-langkah dalam buku teks yang digunakan tidak secara eksplisit memberi kesempatan kepada siswa baik secara individu maupun kelompok untuk berperan aktif dalam mengkonstruksi sendiri pemahamannya terhadap materi yang dipelajari. Berdasarkan masalah tersebut maka dikembangkan buku siswa yang memuat kegiatan untuk memberi kesempatan kepada siswa berperan aktif dalam mengkonstruksi sendiri pemahamannya terhadap materi yang dipelajari. Kegiatan yang demikian merupakan ciri dari metode penemuan terbimbing. Dengan demikian buku siswa yang dikembangkan adalah buku siswa bercirikan penemuan terbimbing materi eksponen bentuk akar dan logaritma kelas X SMAN 1 Kraksaan. Buku siswa ini memuat langkah-langkah pada penemuan terbimbing yaitu (1) memahami masalah (2) memproses data (3) membuat dugaan (4) menguji kebenaran dugaan dan (5) menggeneralisasi. Buku siswa ini dapat digunakan siswa sebagai sumber belajar untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing. Pengembangan buku siswa ini menggunakan model pengembangan 4D tanpa fase diseminasi. Kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan ditetapkan oleh peneliti. Kevalidan diperiksa oleh tiga validator yaitu dua orang dosen dan seorang praktisi. Kepraktisan diperiksa oleh dua observer dan keefektifan diperiksa oleh dua observer dan siswa sebagai pengguna pada saat uji coba lapangan. Untuk mendukung pelaksanaan buku siswa juga dirancang RPP dan instrumen penelitian. Instrumen penelitian meliputi (1) lembar validasi (2) lembar observasi (3) angket dan (4) tes. Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan bahwa buku siswa RPP dan instrumen penelitian memenuhi kriteria valid. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa buku siswa telah memenuhi kriteria praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110278 |
Actions (login required)
View Item |