Pengembangan modul matematika materi matriks untuk siswa SMK Negeri 5 Malang / Nur Cahyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul matematika materi matriks untuk siswa SMK Negeri 5 Malang / Nur Cahyanti

Cahyanti, Nur (2012) Pengembangan modul matematika materi matriks untuk siswa SMK Negeri 5 Malang / Nur Cahyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyanti Nur. 2012. Pengembangan Modul Matematika Materi Matriks untuk Siswa SMK Negeri 5 Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs.H. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D. (II) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata kunci modul peer mediated instruction and intervention (PMII) matriks Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang pembelajaran. Salah satu bahan ajar yaitu modul. Modul merupakan bahan ajar yang sejalan dengan tujuan pembelajaran di SMK. Meskipun modul dipercaya dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa namun modul tidak tersedia dan digunakan di SMK Negeri 5 Malang oleh karena itu perlu untuk mengembangkan modul yang valid praktis dan efektif khususnya materi operasi matriks melalui penelitian. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul operasi matriks yang valid praktis dan efektif. Pengembangan modul bercirikan pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) pada materi matriks ini menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Karena hasil pengembangan tidak disebarkan pada sekolah lain maka hanya digunakan tiga tahap pertama.Validasi dari modul dilakukan oleh ahli sedangkan kepraktisan dan keefektifan modul melalui uji coba produk. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi lembar observasi tes penguasaan materi modul serta angket. Subjek coba produk hasil pengembangan ini adalah 37 siswa kelas X-RPL 1 dan 20 siswa XI TB-2 di SMK Negeri 5 Malang yang bersamaan menerima materi matriks ini. Uji coba yang dilakukan terhadap subjek coba terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan (kelas). Hasil uji coba lapangan yaitu (1) semua siswa dapat mengerjakan lebih dari 80% aktivitas-aktivitas yang diminta dalam modul (2) siswa yang tidak tuntas dalam tes penguasaan materi modul dapat mengerjakan semua aktivitas dalam modul (3) terdapat beberapa siswa yang kurang/tidak teliti dalam mengerjakan tes yang terdapat dalam modul. Berdasarkan hasil uji ahli mengenai kevalidan modul diperoleh skor rata-rata seluruh aspek 4 6 maka dapat disimpulkan bahwa modul valid dan hasil uji coba lapangan mengenai observasi keterlaksanaan modul diperoleh skor rata-rata seluruh aspek yaitu 4 0 maka dapat disimpulkan bahwa modul praktis. Berdasarkan uji coba lapangan yang dilakukan diperoleh hasil yaitu 83 62% siswa X RPL-1 dan 85 85% siswa XI TB-2 telah menguasai materi operasi matriks. Berdasarkan hasil angket sebanyak 81 21% siswa X RPL-1 dan 84 50% siswa XI TB-2 memberikan respon yang positif terhadap penggunaan modul dalam pembelajaran. Berdasarkan indikator-indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa modul efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian dihasilkan modul operasi matriks yang bercirikan pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) yang valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110275

Actions (login required)

View Item View Item