Hayati (2012) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer berbasis inkuiri pada materi tesselasi di kelas IX SMP RSBI / Hayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci media pembelajaran berbantuan komputer inkuiri tesselasi. Tuntutan kebijakan yang tercantum dalam Kurikulum Mata Pelajaran Matematika SMP-SBI tahun 2007 yaitu membiasakan penggunaan software dan hardware matematika dalam kegiatan belajar siswa menuntut peran guru sebagai fasilitator untuk memanfaatkan media komputer dalam proses pembelajaran di kelas. Tetapi kenyataannya belum tersedianya media pembelajaran yang sesuai untuk materi Tesselasi merupakan kendala bagi guru dalam menyajikan materi ini selain keterbatasan media yang digunakan untuk pembelajaran materi tesselasi metode pembelajaran dan sumber belajar yang digunakan selama ini membuat materi ini kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu perlu dikembangkan suatu media yang menarik dan memudahkan siswa dalam kegiatan belajarnya. Media yang dimaksud adalah media pembelajaran berbantuan komputer. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan media pembelajaran berbantuan komputer berbasis inkuiri pada materi tesselasi untuk siswa kelas IX SMP RSBI yang valid praktis dan efektif. Media pembelajaran ini dirancang dalam program Macromedia Flash menggunakan bahasa Inggris dan dilengkapi dengan lembar kerja siswa. Pengembangan media pembelajaran mengadopsi model 4D (four D model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel yang meliputi (1) tahap define meliputi front-end analysis analisis siswa analisis konsep (2) tahap design bertujuan merancang media yang akan dikembangkan (3) tahap develop adalah mengembangkan media pembelajaran (4) tahap disseminate yaitu penyebaran hasil penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini tidak melakukan prosedur sampai pada tahap disseminate. Penelitian pengembangan dilakukan melalui tiga kali revisi pada kegiatan ujicoba. Hasil ujicoba digunakan untuk memperbaiki hasil penelitian yang dikembangkan. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh (1) seluruh validator menyatakan bahwa secara keseluruhan semua komponen pada setiap perangkat yang dikembangkan dikategorikan valid (2) keterlaksanaan perangkat pembelajaran dilihat dari pengamatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata aspek pengamatan 3 44 (3) aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran materi tesselasi menggunakan media komputer dikategorikan aktif dengan nilai rata-rata seluruh aktivitas siswa adalah 3 38 (4) persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar setelah menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer ini lebih dari 85% (5) respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan perangkat pembelajaran tesselasi berbasis inkuiri adalah positif dengan nilai rata-rata respon kelas adalah 2 36. Hasil penelitian pengembangan sangat disarankan untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas agar siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut memungkinkan kontruksi pemahaman konsep oleh siswa sehingga penyelenggaraan pembelajaran berbasis inkuiri dapat tercapai. Produk pengembangan ini dirancang untuk keperluan pembelajaran materi tesselasi di SMP Negeri 5 Malang untuk keperluan pembelajaran di sekolah lain diperlukan penyesuaian dengan kondisi setempat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110273 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |