Pengembangan perangkat pembelajaran berstandar NCTM pada materi segi empat dengan model Kemp / Zulkifli HI. Hamir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berstandar NCTM pada materi segi empat dengan model Kemp / Zulkifli HI. Hamir

Hamir, Zulkifli HI. (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran berstandar NCTM pada materi segi empat dengan model Kemp / Zulkifli HI. Hamir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Pembelajaran NCTM Model Kemp Segi Empat. Perangkat pembelajaran yang ada belum memenuhi kebutuhan pembelajaran. Hal ini cukup beralasan karena sumber belajar yang digunakan adalah buku panduan belajar berupa buku ringkasan materi dan latihan soal yang sudah jadi dan pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru. Atas dasar itu perlu pengembangan perangkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran berstandar NCTM (National Council of Teacher of Mathematics) yang terdiri dari 4 komponen (tugas wacana lingkungan dan analisis) pada materi segi empat kelas VII yang meliputi RPP LKS dan tes hasil belajar yang valid praktis dan efektif. Prosedur uji coba produk dalam penelitian ini adalah uji ahli oleh tiga dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang dan seorang guru matematika uji lapangan di kelas VII-B MTs Darussa adah Gubugklakah Poncokusumo Kabupaten Malang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar validasi RPP lembar validasi LKS lembar pengamatan aktivitas guru lembar pengamatan siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model yang digunakan dalam pengembangan perangkat ini adalah model Kemp yang terdiri dari sembilan tahap yaitu (1) mengidentifikasi masalah pembelajaran (2) mengidentifikasi karakteristik siswa (3) menentukan tujuan pembelajaran ( indicator) (4) analisis tugas (5) menentukan strategi pembelajaran (6) menentukan metode pembelajaran (7) uraian isi (8) menentukan sumber belajar dan (9) mengadakan evaluasi. Perangkat pembelajaran yang disusun sudah di revisi secara bertahap karena adanya penilaian dari para ahli dan guru hasilnya memenuhi kriteria valid untuk diimplementasikan (rata-rata 3 54 untuk RPP dan 3 17 untuk LKS dari skor tertinggi 4). Berdasarkan hasil analisis uji coba lapangan untuk kepraktisan perangkat pembelajaran RPP dan LKS Draft II rata-rata dari enam kali pertemuan adalah 3 20 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan kata lain perangkat pembelajaran berstandar NCTM adalah praktis. Sedangkan untuk keefektifan perangkat pembelajaran didasarkan pada penguasaan materi melalui hasil tes dan aktivitas siswa. Penguasan materi segi empat yang diperoleh dari nilai tugas pada LKS dan tes hasil belajar nilai rata-rata kelas adalah 74 99 siswa yang memperoleh skor hasil belajar di atas 65 ( KKM KD) yaitu sebanyak 21 orang atau 87 5% tuntas dan 3 orang memperoleh hasil belajar di bawah KKM KD atau 12 5% tidak tuntas. Hasil rata-rata untuk aktivitas kelas adalah 3 10 sehingga berdasarkan kriteria dari enam kali pertemuan aktivitas tiap jenis kegiatan dari 9 jenis kegiatan masuk kategori aktif kecuali jenis kegiatan ke-8 ( membuat jawab duga (conjecture) meyampaikan solusi) adalah 2 00 kurang aktif. Dengan demikian perangkat pembelajaran berstandar NCTM dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110272

Actions (login required)

View Item View Item