Pembelajaran matematika melalui pendekatan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs / Nurul Arfinanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran matematika melalui pendekatan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs / Nurul Arfinanti

Arfinanti, Nurul (2012) Pembelajaran matematika melalui pendekatan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs / Nurul Arfinanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pendekatan Pendidikan Matematika Realistik kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan maupun keseharian. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menjelaskan langkah-langkah pembelajaran matematika melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa 2) untuk menjelaskan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari pembelajaran tersebut 3) untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian dilaksanakan dengan subjek siswa kelas VII A MTs Surya Buana Malang pada tahun ajaran 2011/2012. Data dikumpulkan dari hasil LKS hasil tes hasil angket hasil observasi aktivitas siswa hasil observasi aktivitas guru dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik yang terdiri atas empat langkah yaitu 1) memahami masalah kontekstual 2) menyelesaikan masalah kontekstual 3) membandingkan dan mendiskusikan jawaban dan 4) menyimpulkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs. Sebagai tambahan respon siswa terhadap pembelajaran tersebut sangat positif. Dalam pembelajaran matematika peneliti menyarankan kepada para guru untuk menggunakan (1) pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (2) LKS yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110271

Actions (login required)

View Item View Item