Strategi React untuk membangun pemahaman trogonometri pada siswa kelas X di MAN Gondanglegi / Dini Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi React untuk membangun pemahaman trogonometri pada siswa kelas X di MAN Gondanglegi / Dini Hidayati

Hidayati, Dini (2012) Strategi React untuk membangun pemahaman trogonometri pada siswa kelas X di MAN Gondanglegi / Dini Hidayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing. (1) Prof. Dr. Ipung Yuwono M. Si. M.Sc. (2) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci Strategi REACT Trigonometri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang dihadapi siswa MAN Gondanglegi yaitu masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami perbandingan trigonometri. Dari hasil diskusi siswa peneliti menemukan bahwa pembelajaran kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri konsep perbandingan trigonomerti. Masih saja dijumpai siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari yang memuat model perbandingan trigonometri. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun pemahaman siswa terhadap konsep perbandingan trigonometri. Usaha yang dapat dilakukan peneliti untuk menyelesaikan persoalan ini adalah dengan menerapkan pembelajaran kontekstual melalui strategi REACT. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan strategi REACT yang dapat membangun pemahaman siswa terhadap konsep perbandingan trigonometri. Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MAN Gondanglegi. Subyek wawancara adalah 4 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subyek wawancara didasarkan skor tes dan saran guru matematika yang mengetahui latar belakang siswa yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi REACT dapat membangun pemahaman siswa kelas X MAN Gondanglegi terhadap materi perbandingan trigonometri. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya presentase kelulusan belajar siswa secara klasikal dari sebelumnya tindakan yaitu 64 1% dengan kategori cukup menjadi 78 94% dengan kategori cukup pada siklus I dan 86 84% dengan kategori baik pada siklus II. Selain itu tingkat keberhasilan kelulusan pembelajaran melalui stategi REACT oleh guru dan siswa dalam kategori sangat baik nilai tes akhir siswa yang dapat 8805 75 adalah 92 3%. Sehingga pembelajaran melalui strategi REACT dapat membangun pemahaman perbandingan trigonometri sudut khusus. Dari penelitian ini diharapkan guru matematika MAN Gondanglegi yang menerapkan pembelajaran perbandingan trigonometri dengan strategi REACT disarankan untuk merancang perangkat pembelajaran yang memuat semua komponen yang terdapat dalam strategi REACT menggunakan media pembelajaran atau alat peraga serta LKS yang memungkinkan siswa menggunakan kelima komponen REACT dalam proses belajar mereka sehingga membantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi yang akan dipelajarinya. Guru juga harus bisa memotivasi siswa yang pasif atau kurang berani mengemukakan pendapatanya saat ditanya dan juga harus melakukan tindakan apabila terjadi hal-hal yang dapat menganggu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110270

Actions (login required)

View Item View Item