Penggunaan gelas, sedotan dan permainan simonan untuk memahamkan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Sokaan I Kabupaten Probolinggo / Dyah Ayu Sulistyaning Cipta - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan gelas, sedotan dan permainan simonan untuk memahamkan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Sokaan I Kabupaten Probolinggo / Dyah Ayu Sulistyaning Cipta

Cipta, Dyah Ayu Sulistyaning (2012) Penggunaan gelas, sedotan dan permainan simonan untuk memahamkan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Sokaan I Kabupaten Probolinggo / Dyah Ayu Sulistyaning Cipta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II)Dr. Hery Susanto M.Si. Kata kunci penggunaan gelas dan sedotan permainan simonan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat Diperlukan suatu usaha tertentu untuk memahamkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang bersifat abstrak agar dapat diterima secara efektif oleh siswa. Gelas dan sedotan merupakan suatu media pembelajaran yang dipilih penulis yang terbukti mampu memahamkan siswa pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Berikutnya agar siswa lebih handal dalam menggunakan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat diperlukan suatu latihan dalam menjumlah dan mengurangi bilangan bulat. Namun demikian karena latihan soal selalu identik dengan kejenuhan siswa penulis memilih permainan Simonan sebagai pembelajaran untuk melatih siswa dalam menjumlah dan mengurangi bilangan bulat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan desain pembelajaran dengan menggunakan gelas sedotan dan permainan Simonan sehingga siswa kelas IV SDN Sokaan I Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 benar-benar memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena dilakukan di suatu kelas dengan menggunakan rencana tindakan bersiklus yang melibatkan inkuiri dalam pengumpulan informasi analisis dan refleksi untuk memahamkan siswa pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Siklus dikatakan berhasil atau dihentikan apabila sudah tidak lagi ditemukan kesalahan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada jawaban tes hasil belajar siswa setelah tindakan dengan ketuntasan belajar secara klasikalnya telah mencapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I masih terdapat siswa yang melakukan kesalahan konsep meski ketuntasan klasikal telah mencapai 78% sehingga siklus dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II sudah tidak adalagi siswa melakukan kesalahan konsep dengan ketuntasan klasikal 82% sehingga siklus dihentikan. Desain pembelajaran dengan menggunakan gelas dan sedotan untuk memahamkan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah 1) membangkitkan kesiapan siswa yaitu dengan mengingatkan siswa pada penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah menginformasikan materi dan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran mengenalkan media yang akan digunakan serta meminta siswa untuk duduk bersama kelompok masing-masing 2) mengarahkan siswa menemukan konsep dengan menuntun siswa untuk menjalani pengalaman menggunakan gelas dan sedotan untuk menemukan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat 3) latihan untuk siswa dengan memberikan LKS 4) penguatan materi dengan mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan berupa konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat 5) refleksi dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan bahan ajar yang belum dipahaminya dan evaluasi untuk memberi kesempatan kepada siswa agar menanyakan bahan ajar yang belum dipahaminya. Permainan Simonan dapat digunakan sebagai siasat guru agar siswa berlatih menjumlah dan mengurangi bilangan. Namun karena pada permainan Simonan yang sesungguhnya bejeng yang digunakan hanya mencantumkan bilangan 1-36 maka pada bejeng yang digunakan dalam pembelajaran dapat dimodifikasi dengan mencantumkan bilangan yang lebih luas. Pada penelitian ini bilangan yang tertera pada bejeng dalam permainan Simonan adalah -999 hingga 999.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110269

Actions (login required)

View Item View Item