Faradiba, Surya Sari (2012) Peningkatan pemahaman siswa tentang konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan bahan manipulatif di kelas IV SD Negeri Gadang I Malang / Surya Sari Faradiba. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pecahan bahan manipulatif peningkatan pemahaman PMR. Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas IV SDN I Gadang Malang ditemukan kondisi tentang rendahnya pemahaman siswa tentang konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami kesulitan saat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Permasalahan ini dicoba diatasi dengan memanfaatkan benda manipulatif berupa kertas lipat untuk menarik perhatian siswa dalam mengikuti jalannya pelajaran serta mengurangi kesalah pahaman siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan Media Kertas Lipat untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Gadang I Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi beberapa tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data diperoleh dari observasi wawancara dan tes. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa pemahaman konsep yang diperoleh melalui nilai tes akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IVC SDN Gadang 1 Kota Malang Tahun Ajaran 2001/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 41 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan benda manipulatif dapat meningkatkan pemahan konsep materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas IVC SDN Gadang 1 Malang. Pada siklus I ketuntasan belajar telah mencapai 75 6% tetapi masih ada 27 siswa yang melakukan kesalahan konsep pada materi penjumlahan bilangan pecahan berpenyebut tidak sama. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 78% dan tidak ditemui siswa yang melakukan kesalahan konsep. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan benda manipulatif dapat pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN Gadang 1 Malang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110268 |
Actions (login required)
View Item |