Nasution, Syaiful Hamzah (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media google sketchup 8 untuk memahamkan konsep jarak pada dimensi tiga kelas X di SMA Negeri 1 Turen / Syaiful Hamzah Nasution. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran kooperatif tipe STAD Google SketchUp 8 pemahaman jarak pada dimensi tiga. Dalam proses pembelajaran kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan bahan yang akan disampaikan kepada siswa dapat disederhanakan dengan bantuan media. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang dimensi tiga masih lemah. Siswa cenderung terpengaruh dengan tampilan objek dimensi tiga yang disajikan dalam gambar dimensi dua. Oleh karena itu diperlukan suatu media untuk memberikan visualisasi objek dimensi tiga yang dapat membantu siswa dalam memahami objek dimensi tiga. Salah satunya dengan menggunakan Google SketchUp 8. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media Google SketchUp 8 untuk memahamkan konsep menentukan jarak dari titik ke titik titik ke garis titik ke bidang garis ke garis garis ke bidang dan bidang ke bidang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam penelitian ini terbagi dalam enam tahap yaitu (1) pembentukan kelompok (2) presentasi kelas dengan menggunakan Google SketchUp 8 (3) diskusi kelompok dengan menggunakan Google SketchUp 8 (4) presentasi hasil diskusi kelompok (5) tes dan (6) penghargaan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ketuntasan belajar klasikal pada tindakan I adalah 92 31% dan tindakan II adalah 92 31% banyaknya siswa memperoleh skor tes akhir tindakan lebih dari atau sama dengan 75. Hal ini berarti bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media Google SketchUp 8 dapat memahamkan siswa tentang konsep menentukan jarak pada dimensi tiga. Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media Google SketchUp 8 sangat positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |