Suryanti (2012) Pembelajaran kontekstual berseting STAD untuk meningkatkan berpikir kritis mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika / Suryanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Purwanto Ph.D. (II) Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si. Kata Kunci pembelajaran kontekstual STAD berpikir kritis Pembelajaran pada materi turunan fungsi selama ini kurang memperhatikan aspek berpikir kritis mahasiswa. Salah satu pembelajaran yang menekankan pada keterampilan berpikir kritis adalah pembelajaran kontekstual. Pengkondisian kelas dalam STAD diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain pembelajaran kontekstual seting STAD yang dapat meningkatkan berpikir kritis pada materi turunan fungsi bagi mahasiswa prodi Pendidikan Matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada mahasiswa tingkat I di STKIP PGRI Blitar tahun akademik 2011/2012. Pembelajaran kontekstual meliputi kegiatan relating dalam presentasi kelas experiencing applying dan cooperating dalam tim belajar dengan mempelajari LKM yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan berpikir kritis dan transferring dalam kuis dan rekognisi tim. Berdasarkan validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang dilakukan oleh tiga validator diperoleh hasil valid tanpa revisi sehingga dapat digunakan dalam penelitian. Hasil pengamatan oleh observer bahwa aktivitas dosen dalam kategori baik yaitu pada pertemuan ke-1 dengan persentase 84% pertemuan ke-2 dengan persentase 85% dan pertemuan ke-3 dengan persentase 86%. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas mahasiswa dalam kategori baik yaitu pada pertemuan ke-1 dengan persentase 83% pertemuan ke-2 dengan persentase 85% dan pertemuan ke-3 dengan persentase 84%. Hasil belajar mahasiswa berupa meningkatnya berpikir kritis dengan indikator menentukan menyelidiki dan menunjukkan hubungan diperoleh dari jawaban mahasiswa terhadap LKM yaitu 6 (enam) dari 7 (tujuh) kelompok sudah menunjukkan ketiga indikator beripikir kritis dan hasil kuis dari ketiga pertemuan memenuhi kriteria berpikir kritis secara klasikal. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran kontekstual berseting STAD adalah mahasiswa secara berkelompok STAD melakukan kegiatan relating experiencing applying dan cooperating serta transferring. Sedangkan penerapan desain pembelajaran kontekstual berseting STAD dapat memperbaiki hasil belajar yaitu meningkatnya berpikir kritis mahasiswa secara klasikal yaitu 93% yang memenuhi kriteria tes akhir siklus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110264 |
Actions (login required)
View Item |