Muzaki, Ahmad (2012) Problem-Based Learning melalui belajar kooperatif Thinh-Pair-Share untuk meningkatkan pemahaman keterbagian bilangan bulat pada mahassiwa semester IV G Pendidikan Matematika IKIP Mataram / Ahmad Muzaki. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci PBL TPS Pemahaman Keterbagian. Secara umum mahasiswa semester IVG Jurusan Pendidikan Matematika IKIP Mataram kesulitan memahami definisi membuktikan teorema dan menyele-saikan soal tentang keterbagian bilangan bulat. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan tersebut yaitu dengan penerapan Problem-Based Learning (PBL) melalui belajar kooperatif Think-Pair-Share (TPS). Penerapan PBL menjadikan mahasiswa dapat menyusun pengetahuan sendiri menumbuhkembangkan keterampilan yang lebih tinggi dan meningkatkan kepercayaan diri. Di pihak lain penerapan TPS da-pat menjadikan mahasiswa mampu memberdayakan kemampuan berfikir sehingga pemikiran dan tingkah laku mereka terarah karena harus melaporkan hasil pemikirannya ke pasangan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan proses PBL melalui be-lajar kooperatif TPS sehingga dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa semester IV G Jurusan Pendidikan Matematika IKIP Mataram pada keterbagian bilangan bulat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang diterapkan pada 44 mahasiswa semester IV G Jurusan Pendidikan Matematika IKIP Mataram. In-strumen pengumpulan data meliputi lembar aktivitas dosen dan mahasiswa tes pedoman wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini didasarkan pada (1) data hasil ob-servasi aktivitas mahasiswa. (2) data hasil observasi aktivitas dosen dan (3) data hasil tes. Hasil penelitian pada siklus I ini menunjukkan bahwa (1) data hasil ob-servasi aktivitas mahasiswa berada pada kategori cukup aktif (2) data hasil obsrvasi aktivitas dosen berada pada kategori cukup baik dan (3) skor rata-rata hasil tes mahasiswa kurang dari 68. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa (1) data hasil observasi aktivitas mahasiswa berada pada kategori aktif (2) data hasil observasi aktivitas dosen berada pada kategori baik dan (3) skor rata-rata hasil tes mahasiswa lebih dari atau sama dengan 68. Pada siklus II semua kri-teria keberhasilan telah tercapai sehingga penerapan PBL melalui belajar koope-ratif TPS dapat meningkatkan pemahaman materi keterbagian bilangan bulat pada mahasiswa semester IV G Jurusan Pendidikan Matematika IKIP Mataram tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110259 |
Actions (login required)
View Item |