Pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif pada materi lingkaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri I Barat Magetan / Rissa Prima Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif pada materi lingkaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri I Barat Magetan / Rissa Prima Kurniawati

Kurniawati, Rissa Prima (2012) Pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif pada materi lingkaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri I Barat Magetan / Rissa Prima Kurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Berbantuan Multimedia Teori Beban Kognitif Pemahaman Lingkaran. Materi geometri di sekolah terdiri dari bangun ruang dan bangun datar. Salah satu materi dalam bangun datar adalah lingkaran. Aktivitas pembelajaran matematika lebih didominasi oleh guru guru menjelaskan materi kepada siswa guru memberikan contoh dan solusinya dan memberikan latihan. Ini menyebabkan siswa kurang aktif mereka hanya mendengarkan dan mencatat. Salah satu solusi dari masalah ini adalah guru memerlukan suatu metode baru yaitu pembelajaran berbantuan multimedia yang membuat siswa lebih aktif dan lebih banyak belajar. Metode ini berdasarkan pada teori beban kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif pada materi lingkaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri I Barat Magetan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Barat Magetan yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif terdiri dari beberapa kegiatan yaitu (a) pemberian motivasi kepada siswa tentang materi lingkaran. Pemberian motivasi dengan mengaitkan suatu materi pada kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan beban kognitif germany. (b) Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan cara memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa. Hal ini sebagai perwujudan pengelolaan beban kognitif intrinsic sehingga dapat mempermudah siswa dalam memahami suatu materi. (c) Guru menjelaskan dan mendemonstrasikan materi pada powerpoint. Dengan menggunakan powerpoint materi yang susah dapat ditampilkan dengan lebih mudah dan menarik dengan beberapa gambar dan animasi. Hal ini sebagai perwujudan dari pengelolaan beban kognitif intrinsic dan pengurangan beban kognitif extraneous sehingga siswa mudah dalam memahami suatu materi dan membuat siswa lebih terfokus. (d) Guru membagikan LKS dan meminta setiap kelompok untuk berdiskusi dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKS. Hal ini sebagai perwujudan dari pengelolaan beban kognitif intrinsic dan pengurangan beban kognitif extraneous sehingga siswa lebih terfokus untuk memperhatikan penjelasan guru. (e) guru dengan melibatkan siswa untuk membuat simpulan. Dengan melibatkan siswa dalam membuat simpulan dapat mengelola beban kognitif intrinsic dan meningkatkan beban kognitif germany. (f) memberikan evaluasi materi dengan beberapa pertanyaan. Pemberian evaluasi materi dengan beberapa pertanyaan dapat mengelola beban kognitif intrinsic. Sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik. Dari proses pembelajaran menunjukkan bahwa persentase hasil tes akhir siklus I adalah 74 % dan persentase hasil tes akhir siklus II adalah 97 05%. Sehingga terdapat peningkatan pemahaman siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 23 05 %. Berdasarkan penelitian ini maka pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang layak dipertimbangkan dalam pembelajaran pada materi lingkaran. Untuk peneliti lain yang mempunyai keinginan untuk mengadakan penelitian tentang pembelajaran berbantuan multimedia berdasarkan teori beban kognitif sebaiknya dapat melaksanakannya pada materi matematika yang berbeda dan dilakukan di sekolah yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110258

Actions (login required)

View Item View Item