Pembelajaran melalui pemecahan masalah untuk mencapai ketuntasan belajar keliling dan luas daerah lingkaran siswa kel;as VIII SMP Kartika IV-9 Malang / Sri Rahayuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran melalui pemecahan masalah untuk mencapai ketuntasan belajar keliling dan luas daerah lingkaran siswa kel;as VIII SMP Kartika IV-9 Malang / Sri Rahayuningsih

Rahayuningsih, Sri (2012) Pembelajaran melalui pemecahan masalah untuk mencapai ketuntasan belajar keliling dan luas daerah lingkaran siswa kel;as VIII SMP Kartika IV-9 Malang / Sri Rahayuningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. dan (II) Dr. Makbul Muksar M.Si. Kata Kunci pembelajaran pemecahan masalah ketuntasan belajar Pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam belajar matematika. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah lingkaran masih rendah. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius untuk membantu siswa menguasai keliling dan luas daerah lingkaran melalui pembelajaran pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) rancangan pembelajaran melalui pemecahan masalah untuk mencapai ketuntasan belajar keliling dan luas daerah lingkaran (2) pencapaian ketuntasan belajar keliling dan luas daerah lingkaran melalui pembelajaran tersebut (3) respon siswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIIIA SMP Kartika IV-9 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui pemecahan masalah yang terdiri dari memahami masalah menyusun rencana melaksanakan rencana dan memeriksa kembali dapat mencapai ketuntasan belajar keliling dan luas daerah lingkaran dengan ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 87 5% dan pada silkus II adalah 90%. Respon siswa terhadap pembelajaran ini sangat positif yang berarti bahwa kemauan siswa untuk belajar mandiri keyakinan siswa terhadap kemampuan menguasai materi dan disiplin siswa dalam belajar matematika muncul. Sehingga disarankan kepada para guru untuk memakai pembelajaran tersebut dalam mereka mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110256

Actions (login required)

View Item View Item