Penerapan open ended untuk memahamkan materi persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pare / Mohammad Djunaidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan open ended untuk memahamkan materi persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pare / Mohammad Djunaidi

Djunaidi, Mohammad (2012) Penerapan open ended untuk memahamkan materi persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pare / Mohammad Djunaidi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penerapan Open ended pembelajaran Persamaan Garis Lurus. Salah satu tugas dan tanggung jawab guru matematika adalah menjadikan siswanya paham terhadap materi pelajaran yang harus disampaikan pada siswa termasuk materi Persamaan Garis Lurus untuk siswa kelas 8. Padahal materi persamaan garis lurus adalah materi yang dirasakan sulit bagi siswa SMP khususnya siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Pare. Kesulitan ini ditunjukkan dengan hasil belajar mereka yang selalu rendah di setiap tahun yang apabila diakumulasi secara klasikal nilai-nilai mereka tidak bisa mencapai ketuntasan kelas (ketuntasan kelas tercapai jika 85% siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal). Indikasi kesulitan juga tampak dari hasil angket yang menunjukkan rendahnya respon siswa terhadap pembelajaran dengan materi Persamaan Garis Lurus serta hasil obervasi peneliti yang menunjukkan sikap mereka yang kurang peduli terhadap tugas yang diberikan guru pada saat pembelajaran maupun tugas-tugas yang harus diselesaikan di rumah. Dari permasalahan tersebut peneliti mencoba menerapkan pendekatan open-ended dalam pembelajaran tentang materi persamaan garis lurus pada siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Pare karena menurut Poppy (2003) Open ended meru- pakan salah satu metode yang dapat membangkitkan nalar siswa sehingga siswa bisa berpikir kreatif logis dan kritis di mana siswa bisa mengenali memproses dan menghubungkan apapun yang diketahui. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk 1) memperoleh deskripsi tentang penerapan strategi pembelajaran dengan pendekatan open ended yang dapat memahamkan tentang persamaan garis lurus pada siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Pare Kediri 2) mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa ketika proses pembelajaran persamaan garis lurus dengan me- nerapkan open ended dan 3) mengetahui tanggapan siswa tentang penerapan open ended pada materi persamaan garis lurus bagi siswa SMP Negeri 2 Pare Kediri. Melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pendekatan open ended peneliti merancang penelitian ini dengan rancangan penelitian model Kemnis dan Tanggart (dalam Arikunto 2008) yang dilakukan dengan mengguna- kan model spiral atau siklus di mana siklusnya terdiri dari 4 langkah penting yai- tu (1) perencanaan atau planning (2) tindakan atau acting (3) pengamatan atau observing dan (4) refleksi atau reflecting. Dari data-data antara lain (1) hasil validasi LKS RPP lembar observasi aktifitas guru dan siswa pada saat pembelajaran lembar wawancara terhadap sis- wa (2) hasil observasi aktifitas guru dan siswa saat pembelajaran berlangsung (3) hasil kinerja siswa (4) rekaman beserta catatan hasil wawancara dengan sub subyek penelitian serta (6) hasil catatan lapangan sebagai pelengkap hasil penga- matan dari sumber data dengan sub subyek penelitian untuk wawancara dan ber- dasarkan pertimbangan guru matematika yang mengajar di kelas tersebut di- peroleh hasil penelitian setelah siklus 2 sebagai berikut 85% dari sejumlah siswa yang merupakan subyek penelitian memperoleh nilai 8805 75 dan proses jawaban siswa dalam mengerjakan tes akhir menunjukkan bahwa siswa sudah paham materi tentang persamaan garis lurus. Adapun langkah-langkah pende- katan open-ended yang dapat memahamkan siswa terhadap materi persamaan garis lurus diawali dengan membangkitkan pengetahuan awal atau prasyarat siswa dengan cara tanya jawab kemudian membagi siswa menjadi 4 kelompok untuk mengerjakan LKS diikuti dengan membagikan soal open-ended yang berbentuk LKS dan meminta siswa untuk mengerjakannya secara individual terlebih dahulu kemudian mendiskusikan pekerjaannya secara kelompok yang akhirnya wakil dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya kemudian guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dan pembelajaran diakhiri dengan memberi tes akhir untuk menguji pemahaman siswa. Adapun kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran dengan pende- katan open-ended yaitu pada saat menentukan persamaan garis lurus ada juga ke- sulitan matematis yaitu siswa banyak yang menggunakan rumus persamaan garis lurus bila menjawab soal tentang garis yang melalui dua titik yaitu (y-y_1)/(y_2-y_1 ) (x-x_1)/(x_2-x_1 ). Ini menunjukkan bahwa mereka belum paham dengan materi yang telah dipelajarinya. Kesulitan lainnya adalah siswa yang pandai cenderung ragu-ragu dengan jawabannya. Tanggapan/respon siswa terhadap pembelajaran persamaan garis lurus de- ngan pendekatan open-ended sangat positif. Respon positip ini sesuai dengan hasil angket yang menyatakan bahwa siswa senang dengan kegiatan pembelajaran ter- sebut dan berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh observer sera peneliti sendiri pada saat kegiatan pembelajaran siswa menunjukkan respon yang positif. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan beberapa saran untuk peman- faatan hasil penelitian yaitu agar sebelum pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open-ended guru memperkenalkan dan membiasakan pada siswa de- ngan soal-soal model open-ended agar pembelajaran bisa berjalan secara efektif dan efisien untuk mengatasi kekurangan waktu dalam pembelajaran bisa juga dilakukan dengan menambahkan waktu dan untuk mengatasi siswa yang menga- lami kebingungan saat mengerjakan soal baik saat mengerjakan LKS maupun saat diskusi disarankan agar ada pengarahan atau latihan sebelumnya serta agar jalannya diskusi tidak lambat hendaknya diatur supaya setiap anggota kelompok dalam diskusi kelompok dan setiap kelompok yang bukan kelompok pelapor da- lam diskusi kelas memberikan pendapatnya secara bergiliran bila terjadi macet dalam diskusi disarankan agar peneliti mengaturnya sehingga setiap kelompok yang tidak sedang presentasi mengajukan minimal satu pertanyaan kepada ke- lompok yang sedang presentasi. Sebagai penutup disarankan agar guru matema- tika pengajar kelas 8 menggunakan metode belajar dengan pendekatan open-ended sebagai salah satu pilihan metode dari banyak metode belajar yang ada karena metode ini telah terbukti dapat memahamkan siswa walaupun agak rumit dalam menentukan skor penilaian untuk tes akhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110254

Actions (login required)

View Item View Item