Pembelajaran fungsi komposisi dan fungsi invers melalui pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas Xl SMA Negeri 1 Lubuk ingin jaya aceh besar / Hudzaifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran fungsi komposisi dan fungsi invers melalui pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas Xl SMA Negeri 1 Lubuk ingin jaya aceh besar / Hudzaifah

Hudzaifah (2012) Pembelajaran fungsi komposisi dan fungsi invers melalui pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas Xl SMA Negeri 1 Lubuk ingin jaya aceh besar / Hudzaifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sisworo M. Si. (II) Dr. I Nengah Parta M. Si. Kata kunci Pembelajaran pendekatan realistik hasil belajar. Metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah masih cenderung bersifat konvensional dan pembelajaran masih didominasi oleh guru. Pada umumnya guru mengajarkan materi pelajaran dengan metode ceramah. Siswa mendengarkan penjelasan guru mencatat definisi rumus contoh-contoh soal kemudian menyelesaikan soal- soal latihan sesuai dengan yang diajarkan guru. Hal ini menyebabkan siswa bekerja secara prosedural. Siswa mengalami kesulitan menyelesaikan masalah bila tanpa melihat contoh atau catatan apalagi jika diberikan soal yang berbeda dengan contoh. Berdasarkan hal tersebut maka penting bagi guru untuk memilih metode pembelajaran yang sesuai sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah menerapkan pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik. Pembelajaran dengan pendekatan realistik memberikan masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan dapat dibayangkan oleh siswa sehingga siswa dapat membangun sendiri pengetahuannya. Untuk mendeskripsikan pembelajaran fungsi komposisi dan fungsi invers dengan pendekatan matematika realistik maka pada penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut (1) bagaimanakah pembelajaran fungsi komposisi dan fungsi invers dengan pendekatan matematika realistik yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk Ingin Jaya dan (2) bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran fungsi komposisi dan fungsi invers dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Untuk menjawab masalah tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 lubuk Ingin Jaya. Kemudian untuk keperluan wawancara dipilih 3 orang siswa dengan kemampuan akademik yang berbeda yaitu terdiri dari siswa yang berkemampuan tinggi sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83 % siswa mampu menyelesaikan dengan benar masalah yang diberikan dalam LKS. Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh bahwa persentase skor rata-rata aktivitas siswa adalah 86 25 % atau berada pada kategori sangat baik dan 80 % siswa berpartisipasi dan terlibat aktif dalam mengerjakan LKS bertanya berdiskusi dan memberikan tanggapan. Hasil tes akhir menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai 8805 65 adalah 90 % dari jumlah total siswa dalam kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110252

Actions (login required)

View Item View Item