Persepsi pengelola terhadap peran sistem informasi manajemen (SIM) berbasis IT pada pengelolaan administrasi sekolah menengah kejuruan (SMK) di kota Mojokerto / Tri Wahjoedi Hidajat - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi pengelola terhadap peran sistem informasi manajemen (SIM) berbasis IT pada pengelolaan administrasi sekolah menengah kejuruan (SMK) di kota Mojokerto / Tri Wahjoedi Hidajat

Hidajat, Tri Wahjoedi (2012) Persepsi pengelola terhadap peran sistem informasi manajemen (SIM) berbasis IT pada pengelolaan administrasi sekolah menengah kejuruan (SMK) di kota Mojokerto / Tri Wahjoedi Hidajat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pen di dik an Kejuru an Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pem bim bing (I) Prof. Dr. Haris Anwar Syafrudie (II) Drs. Setiadi Cahyono Putro M.Pd M.T. Kata kunci persepsi pengelola sistem informasi manajemen teknologi informasi administrasi sekolah menengah kejuruan. Peran sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi sangat penting dalam pengelolaan/manajemen sekolah dalam peningkatan kualitas pela-yanan proses dan prestasi belajar siswa. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk meng ungkap dan mendeskripsikan persepsi pengelola terhadap peran SIM berbasis TI dalam pengelolaan ad mi nis trasi SMK di Kota Mojo kerto. Peneli tian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dan dilakukan pada 9 SMK di Kota Mojokerto dengan 45 pengelola administrasi aka-demik sebagai populasinya. Teknik pe ng ambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh (seluruh populasi diam bil sebagai sampel) sehingga penelitian ini termasuk penelitian po pu lasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diungkapkan bahwa (1) Secara umum persepsi pengelola terhadap peran SIM ber basis TI dalam pengelolaan administrasi SMK tergolong penting yang ditunjukkan oleh rata-rata (mean) skor 144 22 (atau 72 11% dan terkategori penting) (2) Terdapat sebaran jawaban pengelola terhadap peran SIM berbasis TI dalam pengelolaan administrasi akademik SMK yang beragam. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai standar deviasi yang tinggi yaitu 16 419. Berdasarkan hasil temuan ini maka beberapa saran yang dapat disampai -kan adalah (1) Agar pihak kepala sekolah untuk terus meningkatkan pemanfaatan SIM berbasis TI dalam pengelolaan administrasi akademik sekolah khususnya pe-ngelolaan hubungan sekolah dan masyarakat serta manajemen pelayanan khu sus lembaga pendidikan dan (2) Agar pihak Dinas Pendidikan dapat mengambil kebijakan yang berkaitan dengan pelaksanaan pemanfaatan SIM berbasis TI da lam pengelolaan administrasi akademik di SMK-SMK yang sampai saat ini belum melaksanakannya misalkan melalui pemberian bantuan sarana prasarana atau pen-didikan dan pelatihan SDM dalam pemanfaatan SIM berbasis TI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110248

Actions (login required)

View Item View Item