Pembelajaran dengan pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI Pemasaran 1 SMK Ma'arif NU 04 Pakis / Mohammad Kholil - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran dengan pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI Pemasaran 1 SMK Ma'arif NU 04 Pakis / Mohammad Kholil

Kholil, Mohammad (2012) Pembelajaran dengan pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI Pemasaran 1 SMK Ma'arif NU 04 Pakis / Mohammad Kholil. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Subanji M.Si. dan (2) Dr. rer.nat I Made Sulandra M.Si. Kata kunci pembelajaran pendekatan open-ended kemampuan berpikir kreatif hasil belajar. Perkembangan teknologi yang sangat cepat menuntut masyarakat untuk dapat beradaptasi secara cepat juga. Orang yang dapat beradaptasi dengan cepat adalah orang yang kreatif. Oleh karena itu di sekolah kita perlu mengimplementasikan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa sehingga mampu menghadapi perkembangan teknologi yang sangat cepat tersebut. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah pembelajaran dengan pendekatan open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ma arif NU 04 Pakis semester ganjil tahun pelajaran 2011-2012. Data diambil dari hasil pengamatan selama pembelajaran hasil catatan lapangan dan hasil wawancara. Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan open-ended yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah (1) guru memberi masalah open-ended (2) siswa menyelesaikan masalah secara individu (3) siswa melakukan diskusi kelompok dan (4) siswa melakukan diskusi kelas. Peneliti (guru) memberi waktu yang cukup kepada siswa untuk mengerjakan masalah baik secara individu maupun kelompok sehingga siswa lebih leluasa dalam menyelesaikan masalah. Peneliti melibatkan siswa secara aktif dalam menyimpulkan materi pada saat diskusi kelas sehingga dapat terlihat kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian ini memperlihatkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I mencapai 30 02% berada pada kategori cukup baik dan pada siklus II mencapai 35 42% berada pada kategori cukup baik. Walaupun kemampuan berpikir kreatif siswa pada kedua siklus dalam kategori yang sama namun secara kuantitatif kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan yaitu dari 30 02% menjadi 35 42%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mencapai kategori sangat baik dengan persentase siswa tuntas belajar pada siklus I mencapai 78 57% dan pada siklus II mencapai 89 29% .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110246

Actions (login required)

View Item View Item