Pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 2 Batu / Eric Dwi Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 2 Batu / Eric Dwi Putra

Putra, Eric Dwi (2012) Pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 2 Batu / Eric Dwi Putra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd. (II) Dr. Makbul Muksar M.Si. Kata kunci pembelajaran kooperatif tipe group investigasi hasil belajar. Pembelajaran matematika pada geometri misalnya materi kubus dan balok yang dilaksanakan oleh guru cenderung menggunakan pendekatan konvensional. Ini menyebabkan siswa kesulitan memahami konsep dan ide-ide pokok pada topik tersebut yang mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk belajar. Siswa cenderung menghafal rumus yang diberikan oleh guru. Siswa kurang diberi kesempatan untuk menemukan sendiri rumus dari bangun ruang. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak optimal. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun pemahaman siswa dan aktivitas belajar siswa terhadap materi kubus dan balok. Usaha yang dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang bertujuan untuk meningkatnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Batu pada pokok bahasan kubus dan balok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Batu yang berjumlah 35 siswa. Subyek wawancara 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 1 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subyek wawancara berdasarkan hasil tes dan masukan dari guru. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif model group investigasi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 2 Batu terdiri atas 5 fase yang dijabarkan dalam tiga tahap antara lain (a) tahap awal melaksanakan fase-1 yaitu mengatur siswa kedalam kelompok kecil (b) tahap inti meliputi fase-2 yaitu guru meminta kepada kelompok untuk melakukan penelitian/investigasi fase-3 dimana kelompok menyiapkan laporan akhir untuk presentasi dan fase-4 kelompok melakukan presentasi (c) tahap akhir melaksanakan fase-5 dimana siswa dan guru mengadakan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 34 42% dan aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian ini maka bagi guru yang ingin melaksanakan pembelajaran serupa hendaknya siswa dibantu dengan menggunakan alat peraga atau benda-benda konkret. Sedangkan bagi peneliti lain yang berkeinginan mengadakan penelitian serupa sebaiknya dilaksanakan pada materi matematika dan sekolah yang berbeda sehingga akan diperoleh gambaran yang lebih lanjut tentang efektivitas pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110244

Actions (login required)

View Item View Item