Penerapan pendekatan savi melalui strategi penemuan untuk memahamkan materi volume pada siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK Negeri 3 Tanjung Selor / Mohammad Waluyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan savi melalui strategi penemuan untuk memahamkan materi volume pada siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK Negeri 3 Tanjung Selor / Mohammad Waluyo

Waluyo, Mohammad (2012) Penerapan pendekatan savi melalui strategi penemuan untuk memahamkan materi volume pada siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK Negeri 3 Tanjung Selor / Mohammad Waluyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. dan (II) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci Volume Pendekatan SAVI Melalui Strategi Penemuan Volume bangun ruang mempunyai peranan penting dalam bidang matematika dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari khususnya siswa SMK Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan. Oleh sebab itu penguasaan terhadap volume bangun ruang perlu ditekankan pada siswa sejak awal. Meskipun demikian kenyataan di lapangan menunjukkan penguasaan siswa SMK pada materi volume bangun ruang masih rendah. Siswa cenderung menghafal rumus volume bangun ruang. Siswa tidak diberi kesempatan untuk menemukan sendiri rumus volume bangun ruang. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun penguasaan siswa terhadap volume bangun ruang dengan metode pendekatan SAVI melalui strategi penemuan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pembelajaran dengan penerapan pendekatan SAVI melalui strategi penemuan untuk meningkatkan penguasaan konsep volume bangun ruang (2) menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa pada konsep volume bangun ruang melalui penerapan pendekatan SAVI melalui strategi penemuan dan (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran pendekatan SAVI melalui strategi penemuan pada konsep volume bangun ruang bagi siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Tanjung Selor Kab. Bulungan provinsi Kalimantan Timur tahun pembelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tanjung Selor Kab. Bulungan Prov. Kalimantan Timur. Subjek wawancara 4 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil tes awal dan pertimbangan bahwa siswa-siswa tersebut mudah diajak komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pendekatan SAVI yang dapat meningkatkan penguasaan volume bangun ruang pada siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Tanjung Selor kab. Bulungan provinsi Kalimantan Timur terbagi dalam tiga tahap pembelajaran yaitu (1) tahap awal meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran memotivasi siswa tentang pentingnya volume bangun ruang penyegaran kembali materi prasyarat pembentukan kelompok penggunaan aplikasi Autocad 3D dan penggunaan alat peraga (2) tahap inti meliputi pelaksanaan investigasi oleh kelompok dan presentasi hasil diskusi dan (3) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan dan evaluasi. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan SAVI melalui strategi penemuan pada materi volume bangun ruang sangat positif. Berdasarkan penelitian ini maka bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan pada sekolah yang lain sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektifitas pembelajaran dengan pendekatan SAVI melalui strategi penemuan pada materi volume bangun ruang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110242

Actions (login required)

View Item View Item