Pembelajaran kooperaktif investigatif untuk memahamkan siswa materi barisan dan deret di kelas XII Ipa SMAN 1 Batu / Masjudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperaktif investigatif untuk memahamkan siswa materi barisan dan deret di kelas XII Ipa SMAN 1 Batu / Masjudin

Masjudin (2011) Pembelajaran kooperaktif investigatif untuk memahamkan siswa materi barisan dan deret di kelas XII Ipa SMAN 1 Batu / Masjudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci pembelajaran kooperatif investigatif barisan dan deret Berdasarkan hasil observasi awal di SMAN 1 Batu dapat disimpulkan bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran matematika di kelas XII IPA 3. Permasalahan tersebut adalah (a) siswa tidak terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar (b) sebagian besar siswa belajar matematika hanya dengan menghafal rumus dan (c) guru mendominasi dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut menyebabkan siswa tidak dapat memahami materi pelajaran dengan baik sehingga hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Salah satu materi matematika yang di dalamnya siswa mendapat prestasi rendah adalah materi barisan dan deret. Untuk mengatasi permasalahan di atas maka diperlukan upaya untuk menjadikan siswa lebih aktif dan tidak belajar hanya dengan menghafal rumus yaitu dengan menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dicoba adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif investigatif. Pembelajaran kooperatif investigatif merupakan suatu pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar di dalam kelompok kecil untuk melakukan investigasi terhadap suatu topik tertentu yang menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Berdasarkan uraian di atas maka penelitian mengenai penerapan pembelajaran kooperatif investigatif untuk memahamkan siswa materi barisan dan deret di kelas XII IPA SMAN 1 Batu perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif investigatif yang dapat memahamkan siswa materi barisan dan deret di kelas XII IPA SMAN 1 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai jenis penelitian. Penelitian ini dilakukan di kelas XII IPA 3 SMAN 1 Batu dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data proses dan data hasil. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa lembar tes format wawancara catatan lapangan dan dokumentasi yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) dan dokumentasi pembelajaran di kelas (foto). Prosedur pembelajaran kooperatif investigatif yang diterapkan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa langkah yaitu (a) kegiatan pendahuluan (b) guru memberikan masalah melalui LKS untuk kerja kelompok (c) siswa secara berkelompok melakukan penjajakan terhadap masalah (d) siswa secara berkelompok melakukan analisis secara mendalam (e) siswa melakukan pelaporan dan melakukan diskusi kelas (f) siswa melakukan aktivitas pengulangan dan (g) penutup. (LKS juga diberikan untuk dikerjakan secara individu di rumah sebelum pelaksanaan pembelajaran). Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini diukur berdasarkan kriteria yang telah peneliti tetapkan. (1) Data hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan bahwa persentase skor rata-rata aktivitas siswa yang diperoleh adalah 89% yang berada pada kategori aktif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk aktivitas siswa adalah minimal berada pada kategori aktif. (2) Data hasil observasi aktivitas guru menunjukkan bahwa persentase skor rata-rata aktivitas guru yang diperoleh adalah 84 58% yang berada pada kategori baik. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk aktivitas guru adalah minimal berada pada kategori baik. (3) Data hasil tes akhir menunjukkan bahwa nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 77. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan adalah siswa mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 75. Berdasarkan data tersebut semua kriteria keberhasilan yang peneliti tetapkan telah tercapai. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif investigatif dapat memahamkan siswa kelas XII IPA 3 SMAN 1 Batu tahun pelajaran 2010/2011 pada materi barisan dan deret.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110241

Actions (login required)

View Item View Item