Pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep jarak dan sudut dalam ruang dimensi tiga pada peserta didik kelas X.9 SMA Negeri 1 Tumpang / Didik Sukanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep jarak dan sudut dalam ruang dimensi tiga pada peserta didik kelas X.9 SMA Negeri 1 Tumpang / Didik Sukanto

Sukanto, Didik (2011) Pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep jarak dan sudut dalam ruang dimensi tiga pada peserta didik kelas X.9 SMA Negeri 1 Tumpang / Didik Sukanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Edy Bambang Irawan M.Pd. dan (II) Dr. Santi Irawati M.Si. Kata Kunci Konsep Jarak dan Sudut Penemuan Terbimbing. Mempelajarikonsepjarakdansudutmerupakanhal yang pentingbagisetiap orang.Dalamaktivitaskehidupansehari-harinya dengandisadariatautidak setiap orang selalumenggunakankonsepjarakdansudut.Dari hasil tes yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa (1) peserta didik mengalamikesulitandalammenyelesaikansoaltes dan (2) peserta didikhanyabelajardenganmenghafaltanpamemahamikonsepnya. Dengan kata lain bahwapemahamanpeserta didikterhadapkonsepjarakdansudutdalamruangdimensi tiga belumtertanamdenganbaik.Pemahaman yang dimaksud dalam penelitian inimerupakanbagiandaridomain cognitive Taxonomy Bloom yang meliputi(1) translation yaitukemampuanmengubahsimbol/kalimattanpamengubahmakna (2) interpretation yaitukemampuanmenafsirkanataumenjelaskanmakna yang terdapatdalamsimbol dan(3) extrapolation yaitukemampuanuntukmelihatkecenderunganatausuatutemuan (perhitungan). Pelaksanaan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelaspada peserta didik kelas X.9 SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang. Aktivitas pembelajaran sebagai tindakan dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep jarak dan sudut dalam ruang dimensi tiga. Proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep jarak dan sudut dalam ruang dimensi tiga yang hendak dicapai oleh setiap peserta didik diakhiri dengan pelaksanaan tes akhir tindakan yang sesuai dengan domain cognitive taxonomy Bloom yang meliputi aspek (1)interpretation (2) translation dan (3) extrapolation. Pelaksanaan penelitian ini menghasilkan (1) pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing dapat membantu peserta didik untuk menemukan kembali dan memahami konsep jarak dan sudut dalam ruang dimensi tiga (2) desain pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing yang berupa langkah-langkah pembelajaran yang tertuang dalam rancangan rencana pelaksanaan pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing yang dimaksud dalam penelitian ini antara lain (a) merumuskan masalah (b) menyelesaikan masalah (c) menyusun konjektur (d) pemeriksaan konjektur (e) verbalisasi konjektur (f) uji konjektur dan (g) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka bagi guru matematika yang hendak melakukan penelitian tindakan kelas pada materi jarak dan sudut dengan pendekatan penemuan terbimbing sebagai penelitian lanjutan pada tahun berikutnya hendaknya mempersiapkan perangkat pembelajaran media pembelajaran dan sarana-prasarana serta instrumen penelitian dengan sebaik-baiknya. Selain itu bagi peneliti lain yang hendak melakukan penelitian serupa di SMA Negeri 1 Tumpang maupun di sekolah lain dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan alternatif dalam pelaksanaan penelitian lanjutan untuk memperoleh desain pembelajaran serupa yang lebih baik dan lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110238

Actions (login required)

View Item View Item