Pembelajaran luas permukaan dan volume bola dengan pendekatan kontekstual untuk membangun pemahaman siswa kelas IX do SMP Islam Pasuruan / Siti Aminah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran luas permukaan dan volume bola dengan pendekatan kontekstual untuk membangun pemahaman siswa kelas IX do SMP Islam Pasuruan / Siti Aminah

Aminah, Siti (2011) Pembelajaran luas permukaan dan volume bola dengan pendekatan kontekstual untuk membangun pemahaman siswa kelas IX do SMP Islam Pasuruan / Siti Aminah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I) Dr. Sisworo M.Si. dan II) Dr. I Nengah Parta S. Pd. M.Si. Kata Kunci Geometri Pembelajaran dengan Pendekatan kontekstual membangun pemahaman Bangun ruang adalah salah satu materi yang dipelajari di kelas IX. Salah satu sub materi yang dipelajari dalam bangun ruang adalah bola. Membangun pemahaman terhadap materi luas permukaan dan volume bola dapat dilakukan dengan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pembelajaran demikian disebut pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana rancangan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang dapat membangun pemahaman siswa kelas IX di SMP Islam Pasuruan tentang luas permukaan dan volume bola. Sesuai dengan permasalahan dalam penelitian ini maka tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan rancangan pembelajaran materi luas permukaan dan volume bola dengan pendekatan kontekstual yang dapat membangun pemahaman siswa kelas IX SMP Islam Pasuruan. Rancangan Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual yang membelajarkan siswa secara bermakna yang dapat memahamkan siswa terhadap materi luas permukaan dan volume bola dapat mengaktifkan siswa dan mampu menerapkannya untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Pendekatan kontekstual meliputi delapan komponen yaitu 1) membuat keterkaitan-keterkaitan yang bermakna 2) melakukan pekerjaan yang berarti 3) melakukan belajar mandiri 4) bekerjasama 5) berpikir kritis dan kreatif 6) membantu individu untuk tumbuh dan berkembang 7) mencapai standar yang tinggi dan 8) menggunakan penilaian otentik. Penelitian dilakukan di SMP Islam Pasuruan dengan subyek penelitian kelas IX G berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang memuat delapan komponen pendekatan kontekstual yang membelajarkan siswa secara bermakna yang dapat memahamkan siswa terhadap materi luas permukaan dan volume bola dapat mengaktifkan siswa dan mampu menerapkannya untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Data hasil penelitian dilihat dari hasil validasi perangkat pembelajaran dan instrumennya hasil observasi aktivitas guru hasil observasi aktivitas siswa dan hasil tes penguasaan bahan ajar. Setelah menganalisis data yang terkumpul maka diperoleh kesimpulan yaitu hasil validasi perangkat pembelajaran dan instrument yang disusun berada pada kategori valid data observer berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa berada dalam kategori baik dan data dari hasil tes penguasaan bahan ajar siswa berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dapat memahamkan dan mengaktifkan siswa kelas IX di SMP Islam Pasuruan. Selanjutnya disarankan bagi guru matematika khususnya di SMP Islam Pasuruan untuk menerapkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual untuk materi luas permukaan dan volume bola.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110237

Actions (login required)

View Item View Item