Sidik, Riki Suliana Ranggawati (2011) Pembelajaran garis tinggi dan garis berat segitiga dengan penajaman ciri relating dan experiencing bagi mahasiswa / Riki Suliana Ranggawati Sidik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr Edy Bambang Irawan M.Pd (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D Kata Kunci relating dan experiencing garis tinggi dan garis berat Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang dihadapi mahasiswa STKIP PGRI Blitar yaitu masih ada mahasiswa STKIP PGRI Blitar yang mengalami kesulitan dalam memahami garis tinggi dan garis berat. Dari hasil observasi masih juga dijumpai mahasiswa STKIP PGRI Blitar yang kesulitan dalam menyelesaikan persoalan yang memuat persamaan garis khususnya garis tinggi dan garis berat suatu segitiga . Oleh karena itu diperlukan usaha dalam membangun pemahaman mahasiswa STKIP PGRI Blitar terhadap persamaan garis tinggi dan garis berat. Usaha yang dapat dilakukan peneliti untuk menyelesaikan persoalan ini adalah dengan menerapkan pembelajaran garis tinggi dan garis berat pada segitiga dengan penajaman ciri relating dan experiencing bagi mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di tingkat I STKIP PGRI Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penajaman ciri relating dan experiencing bagi mahasiswa dapat membangun pemahaman mahasiswa STKIP PGRI Blitar kelas IF terhadap materi garis tinggi dan garis berat. Mahasiswa STKIP PGRI Blitar dikelompokkan dalam sepuluh kelompok belajar. Peneliti menjelaskan tugas dan tanggung jawab anggota kelompok. Setelah itu peneliti menyampaikan indikator pembelajaran dan memotivasi mahasiswa STKIP PGRI Blitar serta membangkitkan pengetahuan awal. Mahasiswa STKIP PGRI Blitar bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk menemukan dan menggunakan garis tinggi dan garis berat menyelesaikan masalah yang ada dalam LKM menyajikan hasil kerja kelompok. Peran dosen adalah sebagai mediator dan fasilitator. Di akhir pembelajaran mahasiswa membuat kesimpulan dari apa yang telah dipelajari mengenai garis tinggi dan garis berat. Untuk mengetahui pemahaman mahasiswa STKIP PGRI Blitar secara lebih mendalam dilakukan tes akhir tindakan. Menerapkan pembelajaran garis tinggi dan garis berat dengan strategi REACT disarankan untuk merancang perangkat pembelajaran yang memuat semua komponen yang terdapat dalam strategi REACT dan menggunakan media pembelajaran atau alat peraga serta LKM untuk membantu dan memudahkan dalam memahami materi yang akan dipelajarinya. memotivasi mahasiswa STKIP PGRI Blitar yang pasif atau kurang untuk berani mengemukakan pendapatnya saat ditanya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |