Syarifudin (2011) Pengembangan buku siswa SMP kelas VIII dengan materi prisma dan limas yang berpijak pada masalah kontekstual, penggunaan model, dan penemuan terbimbing / Syarifudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M. Pd dan (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M. Si Ph. D. Kata Kunci pengembangan buku siswa prisma dan limas masalah kontekstual penggunaan model dan penemuan terbimbing. Memperhatikan buku siswa yang beredar di pasaran sekarang yang hanya langsung menyajikan suatu konsep contoh soal dan diakhiri dengan tugas mandiri hal ini imbasnya adalah siswa hanya menghafal konsep-konsep dengan tidak memahami proses terbentuknya dari suatu konsep. Oleh sebab itu maka perlu dikembangkan buku siswa yang mengarahkan siswa dalam menemukan suatu konsep matematika dengan dibantu oleh masalah-masalah kontekstual berbagai model dan penemuan terbimbing. Pengembangan buku siswa ini mengikuti langkah-langkah model pengembangan Thiagarajan Semmel dan Semmel. Pengembangan model ini memiliki empat tahap yaitu pendefinisian perencanaan pengembangan dan penyebaran. Namun pada pengembangan buku siswa ini hanya dibatasi sampai tahap ke tiga yaitu tahap pengembangan. Selain itu dalam pengembangan buku siswa ini berpijak pada pendidikan matematika realistik (PMR) yang difokuskan pada masalah kontekstual penggunaan model dan penemuan terbimbing. Setelah selesai dikembangkan selanjutnya adalah buku siswa dinilai oleh para ahli dan praktisi serta diuji cobakan di kelas. Penilaian para ahli dan praktisi bertujuan untuk melihat kevalidan buku siswa. Penilaian ahli dan praktisi mendapatkan skor 3 46 atau telah memenuhi kriteria sangat valid. Selanjutnya diuji cobakan di kelas dengan tujuan melihat kepraktisan dan keefektifan. Kepraktisan buku siswa diukur melalui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan buku siswa dalam proses pembelajaran. Data keterlaksanaan buku siswa secara keseluruhan berada dalam kategorikan tinggi. Keefektifan buku siswa diukur melalu tiga indikator yaitu (1) aktivitas siswa (2) respon siswa dan (3) ketuntasan belajar. Setelah diuji-cobakan di kelas diperoleh data tentang hasil observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran secara keseluruhan berada pada kriteria aktif. Data tentang respon siswa secara keseluruhan siswa memberikan respon positif. Data hasil tes siswa setelah selesai mengikuti proses pembelajaran dari 28 orang SMP Negeri 4 Nguling tidak ada siswa yang memperoleh nilai di bawah 65% dari standar tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Lebih lanjut jika dilihat secara klasikal diperoleh rata-rata 83 1%. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini ada tiga saran yang bisa diberikan adalah (1) buku siswa hendaknya digunakan secara bersamaan dengan alat peraga (2) buku siswa ini sebaiknya dikembangkan lebih lanjut dengan materi-materi lainnya terutama materi yang berkaitan dengan geometri dan (3) buku siswa yang dikembangkan ini hanya terbatas pada kondisi dan karakteristik siswa SMP Negeri 4 Nguling sehingga bila digunakan pada siswa lain diperlukan penyesuaian seperlunya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |