Penerapan model arias (Assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 2 Asembagus / Novi Prayekti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model arias (Assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 2 Asembagus / Novi Prayekti

Prayekti, Novi (2011) Penerapan model arias (Assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 2 Asembagus / Novi Prayekti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (II) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si Kata kunci Model ARIAS Motivasi Belajar pembelajaran Matematika. Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) secara rinci mengelompokkan matematika SMP dan MTs dalam 13 standar kompetensi yang tercakup pada 4 (empat) aspek matematika yaitu Bilangan Geometri dan Pengukuran Peluang dan Statistika Aljabar. Berdasarkan pengamatan peneliti dan wawancara dengan guru matematika di SMPN 2 Asembagus peneliti menyimpulkan bahwa ketidaktuntasan siswa dalam mempelajari matematika salah satunya disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini sebagai alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model ARIAS. Model ARIAS dipilih untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika dengan harapan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika dikarenakan model ARIAS mempunyai karakteristik menonjol yang diperkirakan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) motivasi siswa berdasarkan lembar observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus kedua pada siklus 1 hanya ada satu pertemuan dari empat pertemuan yang mengalami peningkatan motivasi siswa sedangkan pada siklus 2 keseluruhan pertemuan pada siklus tersebut mengalami peningkatan motivasi. (2) motivasi siswa berdasarkan angket motivasi siswa mengalami peningkatan. Jika pada akhir siklus pertama mengalami peningkatan sebesar 0 09 dari hasil angket petama pada akhir siklus 2 mengalami peningkatan 0 16 dari hasil angket pertama dan berada dalam kriteria motivasi tinggi. (3) Rata-rata kelas hasil uji kompetensi 1 adalah 77 12 dan 82% siswa dinyatakan tuntas sedangkan rata-rata kelas hasil uji kompetensi 2 adalah 74 39 dan 97% siswa dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model ARIAS dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Asembagus. Beberapa saran yang peneliti berikan diantaranya adalah (1) kepada peneliti lain disarankan untuk mengambil materi matematika yang lain agar dapat diperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang pembelajaran matematika dengan menerapkan model ARIAS dan dengan waktu penelitian yang lebih lama (2) Bagi guru yang akan menerapkan model ARIAS untuk meningkatkan motivasi belajar siswanya disarankan dalam menyusun perangkat pembelajarannya hendaknya lebih memperhatikan alokasi waktu materi alat evaluasi dan pemberian retensi yang diperlukan agar proses pembelajaran menjadi maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110231

Actions (login required)

View Item View Item