Gaya belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematik berdasaarkan multiple intelligences / Abdul Halim Fathani - Repositori Universitas Negeri Malang

Gaya belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematik berdasaarkan multiple intelligences / Abdul Halim Fathani

Fathani, Abdul Halim (2011) Gaya belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematik berdasaarkan multiple intelligences / Abdul Halim Fathani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. (II) Drs. H. Muchtar Abdul Karim M.A. Kata kunci multiple intelligences gaya belajar masalah matematik Kecerdasan menduduki tempat yang sangat penting dalam dunia pendidikan namun seringkali kecerdasan ini dipahami secara parsial oleh sebagian kaum pendidik. Hakikatnya kecerdasan merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat suatu masalah lalu ia menyelesaikan masalah tersebut atau membuat sesuatu yang dapat berguna bagi orang lain. Gardner menyatakan ada delapan kecerdasan dalam teori multiple intelligences yaitu kecerdasan linguistik matematik spasial musikal kinestetik interpersonal intrapersonal dan naturalis. Penelitian ini difokuskan untuk mendeskripsikan dan menganalisis gaya belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematik ditinjau dari tingkat kecenderungan multiple intelligences. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen lembar tugas yang digunakan merupakan salah satu contoh masalah matematik yang diambil dari buku berjudul Problem Solving A Basic Mathematics Goal Becoming a Better Problem Solver yang diterbitkan oleh Ohio Department of Education Columbus Tahun 1980. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXB Madrasah Tsanawiyah Negeri Kepanjen Malang yang memiliki tingkat kecenderungan kecerdasan matematik dan linguistik yang ditentukan berdasarkan hasil multiple intelligences research (MIR). Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan wawancara observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum gaya belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematik menggunakan kombinasi tiga gaya belajar yaitu visual auditorial dan kinestetik. Tetapi pada tahap-tahap tertentu ada siswa yang menggunakan dua kombinasi gaya belajar (visual kinestetik dan visual auditorial) dan ada siswa yang hanya menggunakan gaya belajar secara visual. Secara umum siswa memiliki kecenderungan tertinggi dalam menyelesaikan masalah matematik dengan menggunakan gaya belajar visual. Dengan demikian ketika guru melayani siswa sesuai dengan gaya belajarnya yang didasarkan atas tingkat kecenderungan multiple intelligences maka dia akan mampu meningkatkan gairah belajar siswa dan pemahaman terhadap materi sehingga siswa dapat menyelesaikan masalah sampai tuntas. Selain itu siswa menjadi sadar akan kemampuannya untuk menyelesaikan masalah matematik sehingga dapat dijadikan sebagai bahan refleksi untuk terus memacu semangat belajarnya menjadi lebih baik. Dengan memperhatikan gaya belajar siswa dapat diartikan sebagai proses pembelajaran yang memberi ruang gerak bagi setiap individu siswa untuk mengembangkan kecerdasannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110230

Actions (login required)

View Item View Item