Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) kontekstual pada materi balok dan kubus untuk SMP Negeri 1 Bangil / Ria Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) kontekstual pada materi balok dan kubus untuk SMP Negeri 1 Bangil / Ria Amalia

Amalia, Ria (2011) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) kontekstual pada materi balok dan kubus untuk SMP Negeri 1 Bangil / Ria Amalia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Mulyati M. Pd (2) Drs. H. Muchtar Abdul Karim M.A. Kata Kunci Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Kontekstual Belajar dan mengajar kontekstual merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang beracuan pada pandangan konstruktivisme. Dalam penerapannya belajar dan mengajar kontekstual menekankan pada berpikir tingkat tinggi transfer pengetahuan serta pengumpulan penganalisisan informasi dan data dari berbagai sumber dan pandangan. Oleh karena itu belajar dan mengajar kontekstual diambil sebagai alternatif mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah proses dan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik yang Kontekstual pada Materi Balok dan Kubus untuk SMP Negeri 1 Bangil yang valid praktis dan efektif . Sejalan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Lembar Kerja Peserta Didik yang Kontekstual pada Materi Balok dan Kubus untuk SMP Negeri 1 Bangil dengan kriteria valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Model tersebut terdiri dari lima fase yaitu Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Untuk mendeteksi ketercapaian kriteria yang telah ditetapkan maka dilakukan validasi pakar/ahli dan uji coba terbatas terhadap produk. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi lembar observasi tes dan angket. Seluruh instrumen divalidasi oleh pakar/ahli. Hasil validasi menunjukkan bahwa lembar validasi lembar observasi tes dan angket telah memenuhi syarat. Menurut ketiga validator perangkat RPP dan LKPD yang disusun telah memenuhi kriteria valid. Subjek pengembangan LembarKerja Peserta Didik (LKPD) ini adalah peserta didik kelas VIII-B dan VIII-C di SMP Negeri 1 Bangil. Uji coba yang dilakukan terhadap subjek pengembangan terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Uji coba dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kriteria yaitu kepraktisan dan keefektifan. Hasil uji coba kelompok kecil yaitu (1) peserta didik dapat menyelesaikan seluruh aktivitas dalam LKPD dalam kurun waktu kurang lebih 40 menit (2) peserta didik melakukan aktivitas dengan antusias karena masalah yang diberikan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan (3) terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan peserta didik mengenai maksud dari kalimat dalam LKPD. Kepraktisan LKPD diamati melalui pedoman observasi keterlaksanaan LKPD dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba lapangan mengenai observasi keterlaksanaan LKPD diperoleh skor rata-rata seluruh aspek yaitu 2.34 dari skor tertinggi 3 maka dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan yang tinggi. Keefektifan LKPD diamati melalui beberapa indikator yaitu (1) Hasil tes materi balok dan kubus (2) angket dan (3) pedoman observasi aktivitas peserta didik. Berdasarkan uji coba lapangan yang dilakukan diperoleh hasil yaitu sebanyak 81.8% peserta didik telah menguasai materi balok dan kubus 93.5% peserta didik memberikan respon yang positif mengenai penggunaan LKPD dalam pembelajaran serta peserta didik tergolong aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan indikator-indikator tersebut dapat disimpulkan LKPD efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110229

Actions (login required)

View Item View Item