Pengembangan buku peserta didik untuk belajar berbasis masalah pada materi prisma dan limas di SMPN 1 Poncokusumo / Yuni Suryaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku peserta didik untuk belajar berbasis masalah pada materi prisma dan limas di SMPN 1 Poncokusumo / Yuni Suryaningsih

Suryaningsih, Yuni (2011) Pengembangan buku peserta didik untuk belajar berbasis masalah pada materi prisma dan limas di SMPN 1 Poncokusumo / Yuni Suryaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd (II) Drs. H. Muchtar Abdul Karim M.A. Kata kunci pengembangan buku peserta didik belajar berbasis masalah prisma dan limas. Buku Peserta Didik (BPD) yang berisi materi yang harus dipelajari merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah karena merupakan sumber belajar yang memang sengaja dibuat untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Selama ini peserta didik SMP Negeri 1 Poncokusumo menggunakan buku teks sebagai sumber belajar untuk belajar matematika. Buku teks tersebut tidak membantu peserta didik untuk mengkonstruksi materi yang dipelajari. Tidak ada aktivitas atau langkah-langkah pembelajaran dalam buku teks tersebut yang memberi kesempatan kepada peserta didik baik secara individu atau kelompok untuk berperan aktif mengkonstruksi sendiri konsep-konsep yang dipelajarinya. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses dan apa hasil pengembangan buku peserta didik untuk belajar berbasis masalah pada materi prisma dan limas di SMPN 1 Poncokusumo yang valid praktis dan efektif Berdasarkan masalah di atas maka tujuan pengembangan dalam penelitian ini adalah menghasilkan buku peserta didik untuk belajar berbasis masalah pada materi prisma dan limas di SMPN 1 Poncokusumo yang valid praktis dan efektif. Pengembangan ini menggunakan Model Umum Penyelesaian Masalah Pendidikan (General Model of Educational Problem Solving Plomp) tanpa fase implementasi. Kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan ditetapkan oleh peneliti. Kevalidan materi diperiksa oleh tiga validator. Kepraktisan diperiksa oleh dua pengamat dan keefektifan diperiksa oleh peserta didik pada waktu uji coba lapangan. Untuk mendukung pelaksanaan BPD maka juga dirancang RPP dan instrumen penelitian. Instrumen penelitian meliputi (1) lembar validasi (2) lembar observasi (3) angket peserta didik dan (4) tes. Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan bahwa BPD RPP dan instrumen penelitian memenuhi kriteria kevalidan. Dua uji coba di lapangan bertujuan untuk mengukur kepraktisan dan keefektifan BPD. Hasil uji coba di lapangan tersebut menunjukkan bahwa BPD telah memenuhi ktiteria valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110228

Actions (login required)

View Item View Item