Siswati, Anna (2011) Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika melalui pembelajaran model treffinger pada siswa kelas VII SMPN 1 Singosari / Anna Siswati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M. S. M. Sc. (II) Dr. Swasono Rahardjo S. Pd. M. Si. Kata kunci berpikir kreatif matematika model Treffinger. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika pada siswa merupakan hal yang sangat penting karena pada umumnya masalah dunia nyata saat ini tidak sederhana dan konvergen tetapi kompleks dan divergen. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas VII-C SMPN 1 Singosari diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengamatan yaitu rendahnya rasa ingin tahu keterbukaan dan kepercayaan diri siswa dan hasil tes awal yaitu 26 siswa berada pada tingkat kurang kreatif 1 siswa berada pada tingkat tidak kreatif dan hanya 1 siswa berada pada tingkat kreatif. Penelitian ini mengimplementasikan model Treffinger untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika pada siswa kelas VII SMPN 1 Singosari. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran model Treffinger yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika dan (2) meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII SMPN 1 Singosari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan dilaksanakan pada semester gasal tahun 2010/2011. Data penelitian ini adalah aktifitas dan sikap siswa selama pembelajaran berlangsung dan hasil tes siswa setelah pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan lembar tes. Analisa hasil tes menggunakan TTCT ( The Torrance Test of Creative Thinking). Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 Singosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran model Treffinger yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika adalah sebagai berikut. Model Treffinger tingkat I yaitu (1) memberikan pemanasan melalui pertanyaan yang menarik dan menantang (2) melatih siswa berpikir divergen melalui pemberian LKS yang berisi masalah terbuka (3) meminta siswa menuliskan semua ide atau gagasannya dalam menyelesaikan masalah terbuka (4) meminta siswa mendiskusikan ide atau gagasan masing-masing siswa dalam menyelesaikan masalah terbuka bersama kelompoknya dan menentukan beberapa alternatif penyelesaiannya melalui kegiatan sumbang saran (5) meminta salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi (6) memberikan tugas mandiri sebagai penguatan. Model Treffinger tingkat II yaitu (1) memberikan motivasi melalui permainan menyusun tangram (2) meminta siswa menemukan luas trapesium berdasarkan bangun-bangun penyusun trapesium beserta sifat-sifatnya melalui teknik analisa morfologis. Model Treffinger tingkat III yaitu (1) meminta siswa untuk mengajukan masalah yang berkaitan dengan luas atau keliling segiempat dan segitiga secara berkelompok melalui kegiatan problem posing (2) memberikan permainan creative problem solving berupa lomba menyelesaikan masalah yang sudah dibuat masing-masing kelompok pada kegiatan problem posing dan sudah diacak (3) memberikan reward kepada siswa yang mengalami peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya perilaku kreatif siswa menjadi minimal pada kriteria baik dan meningkatnya 41% siswa dari tingkat kreatif rendah ke tingkat kreatif lebih tinggi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |