Penggunaan think talk write dengan menyertakan hand out untuk membantu pemahaman siswa pada materi persamaan garis lurus di kelas VIIIC MTsN Kepanjen / Fadrik Adi Fahrudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan think talk write dengan menyertakan hand out untuk membantu pemahaman siswa pada materi persamaan garis lurus di kelas VIIIC MTsN Kepanjen / Fadrik Adi Fahrudin

Fahrudin, Fadrik Adi (2011) Penggunaan think talk write dengan menyertakan hand out untuk membantu pemahaman siswa pada materi persamaan garis lurus di kelas VIIIC MTsN Kepanjen / Fadrik Adi Fahrudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D. (2) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci Think Talk Write (TTW) Hand Out Pemahaman dan Persamaan Garis Lurus. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan yaitu banyak siswa MTsN Kepanjen mengalami kesulitan dalam memahami persamaan garis lurus. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pembelajaran kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam membangun konsep materi sendiri dan pembelajaran berpusat pada guru. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun pemahaman siswa mengenai persamaan garis lurus. Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam memahami persamaan garis lurus adalah menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan menyertakan hand out. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil belajar model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan menyertakan hand out yang dapat membantu pemahaman siswa pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dan berjenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIIC MTsN Kepanjen. Subyek wawancara adalah 4 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subyek wawancara didasarkan pada skor tes dan saran guru matematika yang mengetahui latar belakang siswa yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Think Talk Write (TTW) dengan menyertakan hand out dapat membantu pemahaman siswa kelas VIIIC MTsN Kepanjen terhadap materi persamaan garis lurus. Hasil tes akhir menunjukkan tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 88 89%. Dalam kegiatan pembelajaran peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa terlebih dahulu membangkitkan pengetahuan prasyarat dan membagi siswa menjadi sembilan kelompok disertai penjelasan tentang tugas dan tanggung jawab setiap anggota kelompok. Setelah itu peneliti membagikan hand out dan meminta siswa membaca serta memahami materi secara individu. Selanjutnya siswa bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk membagi ide dan menerapkan konsep persamaan garis lurus dengan menyelesaikan masalah yang ada dalam LKS menuliskan hasil diskusi secara individu dan menyajikan laporan hasil diskusi dalam kegiatan presentasi. Peran guru adalah sebagai mediator dan fasilitator sehingga memungkinkan siswa melaksanakan tahapan pembelajaran secara baik. Di akhir pembelajaran guru juga meminta siswa untuk membuat kesimpulan dari apa yang telah dipelajari mengenai persamaan garis lurus. Untuk mengetahui pemahaman siswa secara lebih mendalam maka dilakukan tes akhir dan wawancara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110226

Actions (login required)

View Item View Item