Mawaddah, Siti (2011) Pengembangan buku siswa bercirikan pendidikan matematika realistik pada materi segitiga di kelas VII SMP / Siti Mawaddah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata kunci buku siswa Pendidikan Matematika Realistik segitiga. Buku siswa untuk mata pelajaran matematika SMP kelas VII yang banyak digunakan dalam proses pembelajaran matematika saat ini umumnya kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan berpikir kritis. Penyajian materi dalam buku-buku yang banyak digunakan siswa memberikan konsep dalam bentuk jadi sehingga tidak banyak membantu siswa mengkonstruksi sendiri konsep matematika dalam pikirannya. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif pengembangan buku siswa yang menggunakan pendekatan PMR. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana proses dan hasil pengembangan buku siswa bercirikan PMR pada materi segitiga di kelas VII SMP yang valid efektif dan praktis Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses dan hasil pengembangan buku siswa bercirikan PMR pada materi segitiga di kelas VII SMP yang valid efektif dan praktis. Pengembangan buku siswa bercirikan PMR pada materi segitiga ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan dkk. (1974) yang terdiri dari tahap define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Karena hasil pengembangan tidak disebarkan pada sekolah lain maka hanya digunakan tiga tahap yaitu sampai tahap pengembangan. Untuk mengetahui terpenuhi atau tidak kriteria valid efektif dan praktis maka dilakukan validasi dan uji coba lapangan. Hasil uji validasi terhadap buku siswa oleh dua orang validator adalah 3.6 yang termasuk dalam kategori valid. Hasil uji coba I untuk kepraktisan buku siswa tingkat keterlaksanaan buku siswa untuk setiap pertemuan berada pada kategori tinggi sehingga disimpulkan bahwa buku siswa yang dikembangkan adalah praktis. Untuk keefektifan hanya indikator respon siswa yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan yaitu respon positif sedangkan dua indikator keefektifan lain yakni ketuntasan belajar dan aktivitas siswa belum terpenuhi sehingga buku siswa yang dikembangkan belum efektif. Karena itu perlu revisi dan uji coba kembali. Pada uji coba II tingkat keterlaksanaan buku siswa untuk setiap pertemuan berada pada pada kategori tinggi sehingga disimpulkan bahwa buku siswa yang dikembangkan praktis. Untuk keefektifan semua indikator yakni ketuntasan belajar aktivitas siswa dan respon siswa memenuhi kriteria yang ditetapkan. Dalam hal ketuntasan belajar sekitar 89.6% siswa yang mendapatkan skor minimal 75. Semua aktivitas siswa berada dalam kriteria keefektifan yang ditetapkan dan respon siswa berdasarkan beberapa pertanyaan yang diberikan adalah positif. Dengan demikian dihasilkan buku siswa bercirikan PMR pada materi segitiga di kelas VII SMP yang valid efektif dan praktis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |