Isma'il (2011) Diagnosis dan scaffolding kesulitan siswa dalam menggambar grafik fungsi kuadrat / Isma'il. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr.Toto Nusantara M.Si. dan (II) Dr. Subanji M.Si Kata Kunci Diagnosis Scaffolding Kesulitan Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat Guru sebaiknya selalu meningkatkan kemampuannya dalam pembelajaran tujuannya agar siswa dapat menguasai materi dengan baik. Dalam proses pembelajaran sebaiknya guru juga melakukan proses diagnosis terhadap kesulitan yang dialami siswa. Dengan diagnosis yang tepat guru dapat mengetahui letak kesulitan siswa dalam mempelajari materi. Setelah mengetahui letak kesulitan yang dialami siswa selanjutnya guru memberikan scaffolding untuk membantu menyelesaikan kesulitan tersebut. Proses diagnosis dan scaffolding perlu dilakukan pada semua materi terutama pada materi-materi penting. Salah satu materi yang penting untuk matematika sekolah adalah menggambar grafik kuadrat karena menggambar grafik fungsi kuadrat akan digunakan untuk menentukan luas daerah dengan menggunakan integral dan untuk menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat. Selain itu dengan menggunakan grafik dapat menyajikan data secara cepat dan jelas. Menggambar grafik fungsi kuadrat merupakan materi penting yang dipelajari di kelas X. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan. Pengalaman peneliti pada saat mengajar kelas XII IPA di SMAN 1 Talun menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang tidak bisa menggambar grafik fungsi kuadrat. Selain itu hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas XI IPA masih mengalami kesulitan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui letak kesulitan menggambar grafik fungsi kuadrat dan juga bentuk scaffolding yang dapat membantu menyelesaikan kesulitan siswa kelas XI IPA SMAN 1 Talun pada tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun proses dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama melakukan tes diagnostic untuk mendiagnosis letak kesulitan. Kedua melakukan wawancara dengan subjek yang bertujuan untuk mengklarifikasi letak kesulitan yang diperoleh dari tes diagnostik dan juga untuk mencari kesulitan lain yang belum terungkap. Ketiga melakukan scaffolding untuk membantu menyelesaikan kesulitan yang dialami subjek dalam mengambar grafik fungsi kuadrat. Keempat melakukan tes akhir untuk mengetahui hasil yang diperoleh subjek setelah pemberian scaffolding. Kelima analisis data dan penyusunan laporan. Dari hasil tes diagostik dan wawancara diperoleh hasil bahwa siswa kelas XI IPA masih mengalami kesulitan menggambar grafik fungsi kuadrat. Kesulitan tersebut terletak pada menentukan titik potong sumbu X titik potong sumbu Y sumbu simetri koordinat titik puncak menggambar dan menghitung. Kesulitan itu disebabkan subjek tidak menguasai materi prasyarat yaitu sistem koordinat Cartesius dan persamaan kuadrat tidak memahami konsep dan tidak memahami hubungan antarkonsep. Untuk hubungan antarkonsep yang banyak mengalami kesulitan adalah hubungan sumbu simetri dengan titik puncak. Scaffolding yang diberikan berbentuk urutan pertanyaan dan menunjukkan grafik fungsi kuadrat. Pola yang digunakan dalam scaffolding ada sebanyak 4 yaitu pertama bentuk pertanyaan bersifat refleksif dan bertujuan membimbing memahami konsep. Kedua dimulai dari hal-hal konkrit kemudian menuju abstrak. Ketiga menunjukkan grafik fungsi kuadrat. Keempat memberikan penekanan pada hubungan sumbu simetri dengan titik puncak. Hasil tes akhir menunjukkan bahwa banyaknya kesulitan yang dialami subjek mengalami penurunan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110220 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |