Peningkatan pemahaman konsep teorema Pythagoras melalui problem based learning bagi siswa MTsN Jambewangi Selopuro Blitar / Erfin Mu'adibah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep teorema Pythagoras melalui problem based learning bagi siswa MTsN Jambewangi Selopuro Blitar / Erfin Mu'adibah

Mu'adibah, Erfin (2011) Peningkatan pemahaman konsep teorema Pythagoras melalui problem based learning bagi siswa MTsN Jambewangi Selopuro Blitar / Erfin Mu'adibah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Teorema Pythagoras Pemahaman Matematika Problem Based Learning. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru matematika kelas VIII-C MTsN Jambewangi Selopuro Blitar diperoleh informasi bahwa siswa kesulitan dalam memahami materi teorema Pythagoras dan menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap teorema Pythagoras masih rendah. Selama ini dalam pelaksanaannya guru menerapkan metode ceramah dan penugasan. Siswa pasif pada saat pembelajaran. Siswa cenderung menghafal rumus dan tidak diberi kesempatan untuk menemukan sendiri teorema Pythagoras. Oleh karena itu diperlukan adanya inovasi pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis masalah. Dengan pembelajaran berbasis pada masalah diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari tiga tindakan. Masing-masing tindakan dilakukan dalam suatu siklus sesuai dengan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Siklus ini meliputi tahap (a) merencanakan (b) melaksanakan (c) mengamati dan (d) merefleksi. Siklus dalam suatu tindakan akan diulang sampai kriteria yang ditetapkan dalam setiap tindakan tercapai. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi teorema Pythagoras. Proses pembelajarannya terbagi dalam tiga tahap yaitu (1) tahap awal meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran memotivasi siswa tentang pentingnya teorema Pythagoras mengingatkan kembali materi prasyarat pembentukan kelompok dan pemberian alat peraga (2) tahap inti meliputi pelaksanaan investigasi oleh kelompok dan presentasi hasil diskusi dan (3) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan dan evaluasi. Ketiga tahap tersebut telah mencakup lima fase dalam pembelajaran berbasis masalah yaitu (1) memberikan orientasi tentang permasalahan kepada siswa (2) mengorganisasikan siswa untuk meneliti atau melakukan investigasi (3) membantu investigasi mandiri dan kelompok (4) mengembangkan dan mempresentasikan hasil investigasi dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaian masalah. Hasil penelitian dilihat dari hasil observasi (pengamatan) hasil tes siswa dan wawancara. Hasil pengamatan pada tiga tindakan menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan termasuk pada kategori baik dan sangat baik. Dari hasil tes dan latihan mandiri pada masing-masing tindakan skor rata-rata (dalam persen) dari keseluruhan siswa yang memperoleh skor 8805 65 pada tes awal tindakan I II III dan tes akhir berturut-turut adalah 50 80 82 92 5 dan 95. Dengan peningkatan skor tes awal tindakan I II III dan tes akhir tersebut menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang materi teorema Pythagoras meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110217

Actions (login required)

View Item View Item