Warman (2011) Pembelajaran dengan pendekatan RME untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan volume di kelas VIII SMPN 1 Gandusari Blitar / Warman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pro- gram Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Drs. Muchtar Abdul Karim M.A. Kata-kata Kunci Pembelajaran RME Pemahaman Konsep Ketrampilan dan Volume. Kegiatan belajar mengajar yang beracuan konstruktivisme menuntut guru (1) merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa (2) menciptakan kondisi pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan serta (3) menyediakan pengalaman belajar yang beragam dan belajar melalui berbuat. Oleh sebab itu guru wajib memperluas strategi pembelajaran baik model metode maupun pendekatan yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman konsep dan ketrampilan siswa. Pembelajaran matematika dengan pendekatan RME (Realistic Mathe- matics Education) merupakan pembelajaran dapat dilakukan oleh guru untuk mengembangkan pemahaman siswa. Penelitian ini difokuskan pada materi volume kubus balok prisma ta- bung limas kerucut dan bola. Masalah penelitian adalah (1) Bagaimana pembelajaran melalui pendekatan RME dapat meningkatkan pemahaman konsep dan ketrampilan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gandusari Blitar (2) Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran melalui pendekatan RME . Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan RME dan dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gandusari Blitar. Untuk keperluan wawancara yang merupakan salah satu prosedur pengumpulan data dipilih 4 orang siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan satu siswa berkemampuan rendah. Penelitian ini dianggap berhasil apabila skor hasil belajar siswa telah mencapai kriteria keberhasilan yaitu rata-rata skor hasil belajar lebih dari atau sama dengan SKM (Standar Ketuntasan Minimal) yaitu 70% dan jumlah siswa yang dapat mencapai SKM 50% atau lebih. Dari hasil tes tindakan I tindakan II dan tindakan III semuanya mendapat skor di atas SKM dan masing-masing tiap tindakan jumlah siswa yang mendapat skor lebih dari atau sama dengan SKM selalu di atas 50% yaitu hasil rata-rata tes tindakan I adalah 77 71% dan jumlah siswa yang dapat mencapai SKM ada 76 47% hasil rata-rata tes tindakan II adalah 82 68% dan jumlah siswa yang dapat mencapai SKM ada 88 24% serta hasil rata-rata tes tindakan III adalah 92 29% dan seluruh siswa mencapai SKM. Sedangkan akumulasi peningkatan pemahaman siswa terhadap materi ajar adalah 18 44%. Akhirnya penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan RME dapat meningkatkan pemahaman konsep dan ketrampilan volume kubus balok prisma tabung limas kerucut dan bola. Penyelesaian tugas dalam kelompok belajar dengan pendekatan RME membantu siswa memahami materi pembelajaran. Tugas yang diberikan membuat siswa merasa tertantang dan menggali kemampuan intelektual mereka. Pengaturan lingkungan belajar oleh guru mendukung terciptanya wacana yang aktif di kelas. Respon siswa dalam pembelajaran ini positif. Siswa menyatakan senang dengan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan RME perlu dijadikan referensi dalam kegiatan pembelajaran oleh guru. Pembelajaran ini bisa dicobakan pada materi lain. Penyesuaian lingkungan pembelajaran yang baik dari seorang guru diharapkan mampu membentuk sikap siswa agar lebih terbuka dalam me- nanggapi segala pendapat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |